Wisata Sleman-Kembang Arum dan Tebing Breksi yang Hits

Juli 4, 2019

Sebagai bagian D.I Yogyakarta, tempat wisata Sleman juga mempunyai daya tarik wisatanya tersendiri. Bahkan beberapa objek wisata Yogyakarta berhasil menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Tertarik mencari tahu tentang objek wisata Kembang Arum dan Tebing Breksi di kabupaten utara Kota Yogyakarta ini? Dua destinasi wisata Sleman ini recommended untuk dikunjungi.

Kembang Arum – Desa Wisata Sleman

DeWiKembAr merupakan singkatan bagi Desa Wisata Kembang Arum. Destinasi wisata ini merupakan sebuah desa berjarak sekitar 20 kilometer atau sekitar 45 menit perjalanan dari pusat Yogyakarta. Tepatnya berlokasi di Kelurahan Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman. Lingkungan di sekitar wisata Sleman ini tertata rapi, bersih, alami, tenang dan masih kental dengan nuansa Jawa. Pagar batu dan beragam tanaman hias ditanam di sepanjang kawasan ini. 

Desa yang memiliki perkebunan salak yang berada di pinggiran jalan desa ini, dibuka untuk objek wisata di tahun 2005. Keindahan desa ini tak berakhir pada perkebunan salaknya, namun ada pula sawah hijaunya, sungainya, udara sejuknya yang menyegarkan, rumah-rumah serta homestay tradisionalnya, dan spot-spot menariknya seperti area outbond, area pemancingan yang hasil tangkapan bisa langsung dimasak serta dinikmati di Kembang Arum.

Salah satu wisata Sleman ini memanfaatkan tanah dengan luas 22 ha. Hery Kustriyatmo merupakan pengelola yang mampu menggerakkan perekonomian lokal warga dengan memanfaatkan potensi alam sehingga desa wisata ini menarik banyak wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Warga desa yang ramah juga memberikan kesan baik tersendiri saat mengunjungi Kembang Arum.

Kembang Arum menawarkan wisata alam dan edukasi anak sebagai sajian bagi para pengunjungnya. Salah satu program edukasi di Kembang Arum ialah kursus melukis di Sanggar Lukis Kembang Arum. Bahkan lulusan sanggar ini cukup banyak yang memperoleh juara internasional. 

Pengunjung wisata Sleman ini juga diajak bermain permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, dakon, enggrang dan lainnya. Sedangkan sungainya dijadikan sarana permainan air, kolam pemancingan dan kolam alami untuk berenang.

Pengunjung yang berminat untuk tinggal beberapa hari di desa ini, juga terdapat fasilitas lahan parkir, spa outdoor pinggiran sungai, penginapan atau homestay dan fasilitas lainnya. Saat berjalan-jalan malam, pengunjung dapat mendengar suara katak, jangkrik dan melihat kunang-kunang yang cantik. Di pagi harinya, suara merdu kicauan burung akan semakin menambah kental suasana desa yang me-relax-kan pikiran. 

Tebing Breksi Spot Sunset dan Sunrise Intagramble

Tebing Breksi merupakan satu dari sekian destinasi wisata Sleman yang mencuri banyak perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Objek wisata ini dahulu adalah lokasi penambangan batuan breksi, kemudian pada tahun 2015 lokasi ini diresmikan sebagai destinasi wisata baru di Sleman, Yogayakarta. Di Tebing Breksi, pengunjung akan melihat tebing-tebing menjulang tinggi dengan ukiran-ukiran bekas penambangan yang menawan.

Tebing Breksi sangat instagramable

Tak salah bila para penggemar swafoto tidak akan melewatkan kunjungan ke destinasi wisata ini bila sedang berjalan-jalan ke Sleman. Para penghobi fotografi cukup banyak pula yang berkunjung ke Tebing Breksi ini untuk berburu objek-objek jepretan unik dan menarik. 

Desa wisata Sleman satu ini sering jadi lokasi pemotretan

Destinasi wisata Sleman ini juga sering kali menjadi lokasi pemotretan pada model maupun pemotretan untuk prewedding. Pasangan calon pengantin yang berfoto di Tebing Breksi akan memperoleh latar belakang yang unik dengan aura romantic, dramatis dan klasik yang berpadu menjadi satu. Biasanya pengunjung akan mengunjungi Tebing Breksi mulai dari jam 5 pagi hingga jam 6 petang.

Sayangnya fasilitas yang tersedia di kawasan Tebing Breksi masih minim. Namun terdapat fasilitas tempat parkir dan toilet umum bagi pengunjung. Sangat disarankan agar pengunjung membawa makanan dan minuman sendiri, karena tidak ada tempat makan yang akan melayani saat pengunjung merasa lapar maupun haus.

Di sini nih lokasi Tebing Breksi

Untuk menuju lokasi wisata Tebing Breksi aksesnya cukup mudah bila menggunkan sewa mobil atau motor. Objek wisata Sleman ini berlokasi di Dusun Groyokan, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Apabila perjalanan menuju Tebing Breksi dimulai dari pusat Yogyakarta, maka wisatawan tinggal mengambil rute Prambanan. 

Apabila telah tiba di pertigaan sekitar pasar Prambanan, ambil arah kanan, yakni Piyungan dan akan menemukan plang penunjuk arah ke Candi Ijo. Selanjutnya di pertigaan dekat (sebelum) SDN Sambirejo, ambil arah kiri. Dari sana, hanya sekitar 1 km untuk tiba di Tebing Breksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *