Tempat Wisata Jogja, 7 Pantai Eksotis Ini Harus Kamu Datangi!

Juni 30, 2019

Lazuva.comHalo sahabat Lazuva, kamu lagi mencari tempat wisata di Jogja pantai yang bagus? Tenang saja, pantai di Jogja banyak kok yang bagus dan menyenangkan untuk di kunjungi. Dan lagi, harga tiket masuk ke pantai-pantai di Jogja terbilang sangat murah. Hmm… sangat menggiurkan pastinya.

tempat-wisata-pantai-wediombo

Ada lebih dari 70 pantai yang tersebar di sekitar Jogja, Gunung Kidul menjadi Kabupaten penyumbang banyak pantai-pantai indah. Selain itu Kabupaten Kulon Progo dan Bantul juga tak kalah, banyak juga pantai-pantai yang tersebar di sana.

Inilah 7 tempat wisata di jogja pantai eksotis yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Baron, melihat aktivitas nelayan dari dekat

Tempat wisata di jogja pantai eksotis ini berlokasi di Tanjungsari, Desa Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul. Wisatawan yang akan mengunjungi Pantai Baron harus menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat Jogja. Pantai Baron ini merupakan yang paling populer di Gunung Kidul. Objek wisata pantai ini diapit oleh dua bukit dan menjadi titik pertemuan air tawar sungai dengan air lautan.

Karena kepopulerannya, fasilitas dan infrastruktur di pantai ini sudah cukup baik. Tak hanya bisa bersantai, pengunjung juga dapat seru-seruan berfoto di kapal nelayan yang berjajar di pinggir pantai. Jangan sampai lupa mencoba lezatnya ikan segar bakar di warung-warung makan sekitar pantai. 

2. Pantai Drini, jangan lewatkan bukit Kosakoranya ya!

Wisatawan yang pernah mengunjungi Tanah Lot, pasti akan familiar saat melihat pantai Drini karena sekilas terlihat mirip tetapi objek wisata ini tidak mempunyai pura di karang besarnya. Tidak kalah eksotisnya, kala wisatawan menyusuri pantai Drini yang dihiasi tebing besar serta deretan perahu. Pantai ini mempunyai 2 teluk berpasir kecokelatan.

Tempat wisata pantai di Yogyakarta ini cukup bersih dan cukup nyaman untuk anak-anak ingin bermain pasir di pinggir pantai. Wisatawan juga mudah menemukan warung-warung penjual kelapa muda.

3. Tempat wisata di Jogja Pantai Wediombo

Lokasi pantai ini mudah dijangkau, berada di Girisubo, Desa Jepitu, Gunung Kidul. Untuk sampai di pantai Wediombo, jarak perjalanan yang harus ditempuh sekitar 80 kilometer dari pusat Jogja. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Siung dan memiliki teluk dikelilingi pegunungan karang dengan hamparan pasir putih. Di tengah lautnya, terdapat batu karang yang nampak menonjol. Jajaran batu karang uniknya membuat pantai Wediombo sangat populer.

Tempat wisata di Yogyakarta pantai yang eksotis ini cocok untuk wisatawan yang mencari ketenangan ditemani suara ombak pantai dan angin menyegarkan. Pengunjung pantai Wediombo biasanya berburu kecantikan matahari terbenam. Setiap setahun sekali, di pantai Wediombo ini diadakan upacara tradisional yaitu Ngalangi.

Upacara tersebut merupakan bentuk rasa syukur warga sekitar pada Tuhan, sekaligus permohonan rejeki di masa datang.

4. Eksotisnya tempat wisata di Jogja Pantai Siung

Apabila bicara mengenai pantai berkarang di Jogja, Pantai Siung menjadi salah satu jagoannya. Tempat wisata di jogja pantai ini mempunyai banyak batu karang berukuran di sebelah timur dan barat. Ada pula karang besar menjorok ke arah laut menyerupai taring. Pantai Siung biasanya juga dikunjungi oleh para pemanjat tebing.

Selain itu, Pantai Siung mempunyai fasilitas berupa camping ground di tepian pantai, cocok bagi wisatawan yang ingin bermalam dengan konsep outdoor. Masalah makanan dan toilet juga tak perlu risau karena pantai Siung adalah kampung nelayan dengan banyak warung makan yang memiliki toilet.

5. Wisata Pantai Krakal di Kabupaten Gunung Kidul

pantai-krakal-wisata-pantai-jogja

Tempat wisata pantai di Jogja ini menjadi salah satu destinasi yang nyaman dikunjungi. Tersedia gazebo di karangnya dan sejauh mata kita memandang, pasti akan terpukau dengan pesonanya. Pantai ini diapit 2 batu karang dan diselimuti oleh pasir putih.

Pantai Krakal memiliki garis pantai yang landai serta hempasan ombak cukup besar. Tak jarang para peselancar datang untuk menyalurkan hobi berselancar mereka di pantai ini. Ombak pantai Krakal memang cukup menantang. 

6. Pantai Timang, sensasi menyeberangi laut di atas tali

tempat-wisata-jogja-pantai-1

Tempat wisata di jogja pantai lainnya yang cocok bagi para penggemar uji adrenalin ialah Pantai Timang. Pantai ini bisa dikunjungi di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pengunjung yang suka dengan tantangan, jangan lupa untuk mencoba naik kereta gantung transportasi yang biasa digunakan oleh nelayan pencari lobster. Rel kereta gantung tersebut menghubungkan pantai Timang dengan pulau karang di tengah laut. Objek wisata pantai ini masih cukup alami.

7. Pantai Ngobaran, terdapat bangunan unik seperti di pulau Bali

pantai-ngobaran-tempat-wisata-jogja

Wisatawan yang akan berwisata ke Ngobaran, pilih jalur jalur arah Wonosari. Perjalanan ke arah selatan hingga tiba di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Jogja. Wisata alam ini berada di gugusan pantai selatan sekitar 2 kilometer dari arah pantai Ngrenehan. Tempat wisata di jogja pantai ini juga terdapat terdapat pura dan patung-patung dewa yang berada di bukit. 

Keunikan pantai ini semakin terlihat saat air laut surut, rumput laut yang berwarna hijau dan coklat dapat terlihat cukup jelas. Aktivitas masyarakat sekitar saat sedang menangkap ikan maupun berburu landak laut, juga bisa menjadi objek menarik untuk diabadikan menggunakan mata kamera, tertutama bagi para penggemar fotografi.

Dari 7 pantai di atas, pantai mana yang sudah Anda kunjungi? Tidak kalah dengan Pulau Dewata, Jogja juga banyak menyimpan potensi wisata. Jogja juga mempunyai pantai-pantai yang kalah memesona, dengan warna birunya hingga berhiaskan tebing dan batu karang. 

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *