Wisata Danau Singkarak di Padang, Sumatera Barat

November 4, 2018

Danau Singkarak, adalah sebuah danau yang terletak di antara kota-kota Padang Panjang dan Solok. Tempat wisata ini memiliki luas 107,8 km ², dengan panjang sekitar 21 km dan lebar 7 km. Danau Singkarak ini merupakan danau kawah besar yang terletak di dalam lanskap vulkanik yang dramatis. Bisa dikatakan danau Singkarak adalah danau terluas di Sumatera dan danau terbesar kedua di pulau itu, setelah Danau Toba.

wisata danau singkarak

Angel foto yang sangat indah

Anda bisa merasakan sebuah dunia yang tenang dan pemandangan yang memukau di sini. Di Danau Singkarak, Anda dapat merangkul keindahan alam terpencil yang begitu terkenal di Indonesia. Lalu apa saja yang bisa Anda lakukan ketika sudah berada di tempat wisata satu ini? Berikut adalah ulasannya.


Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Bandar Lampung yang Keren banget!


 

Rute Menuju Danau Singkarak

Untuk bisa menuju ke Danau Singkarak ini, caranya sangat mudah. Dari bandara internasional Minangkabau, Anda dapat menggunakan mobil sewaan atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan kemudian mengambil transportasi lain ke danau. Perjalanan ini akan membawa Anda melewati area Laut Sitinjau yang terkenal dengan tikungannya yang tajam dan curam

danau singkarak sedang sunset

Indahnya sunset di danau Singkarak Padang

 

Lokasi danau Singkarak sendiri terletak sekitar 70 km dari Padang, 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilih-nya yang merupakan spesies ikan yang hanya hidup di danau ini. Ikan ini sangat unik karena tidak dapat bertahan hidup di mana pun kecuali Danau Singkarak, bahkan di akuarium.

Akan tetapi proyek hidroelektrik telah mengalihkan sebagian besar aliran danau ke sungai Anai yang mengalir ke arah barat menuju Samudera Hindia dekat Padang. Pembangkit listrik Singkarak ini menggunakan air ini untuk menghasilkan listrik bagi provinsi Sumatra Barat dan Riau.

Nuansa saat melintasi jalan di tepi danau ini sangat indah dan menyenangkan. Hamparan air biru akan terlihat di seluruh mata. Apalagi jika saat itu hari sedang cerah dan langit biru benar-benar mempesona. Bukit-bukit dan pemandangan awan di langit juga akan membuat Anda semakin terkagum.

 


Baca Juga : Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib banget Kamu Datangi!


 

Di pinggir danau, ada beberapa restoran dan penyewaan perahu untuk mengelilingi danau ini. Jangan lupa untuk mencoba makanan lokal yang tersedia di Danau Singkarak yang kebanyakan menu olahan ikan Bilih. Anda dapat menikmati makan ikan bilih sambil melihat birunya air danau. Wisata ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

 

Aktifitas di Danau Singkarak

wisata danau singkarak padang

Sebuah dermaga di danau Singkarak

 

Bawa kamera Anda dan tangkap pemandangan danau yang indah ini. Pemandangan danau yang terbaik adalah dari jalan utama Solok-Bukittinggi, di mana pengunjung sering berhenti untuk mengambil foto pemandangan luar biasa.
Tour di danau Singkarak dengan menggunakan sepeda sering menjadi adalah acara internasional yang sangat besar.

Tim dari seluruh dunia yang datang ke Sumatera Barat untuk bertempur habis-habisan dalam kompetisi bersepeda yang melelahkan. Berkendara melalui kawasan pemandangan paling indah selama enam hari, pengendara menyelesaikan tur di Danau Singkarak yang indah.

Bersantailah dengan berenang di perairan danau yang murni. Beberapa area cocok untuk berenang jadi ambillah kesempatan untuk berenang di salah satu kolam renang paling indah di dunia.

Anda juga bisa mencoba memancing keberuntungan Anda. Uji keterampilan Anda dan cobalah untuk menangkap ikan bilih yang terkenal. Jika Anda berkendara ke danau, dalam perjalanan Anda akan melewati desa Balimbing yang menawan. Selamat berwisata di Danau Singkarak, dan abadikan momen terindah Anda di danau ini, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *