Rekomendasi Tempat Wisata Alam Jogja Paling Memukau

Juli 8, 2019

Membicarakan potensi pariwisata kota Jogjakarta memang tidak pernah ada habisnya. Kota yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ini telah menjadi salah satu pusat tujuan wisata di Indonesia. Selain dikenal sebagai destinasi wisata budaya, tempat wisata alam Jogja tak kalah memukau, kok. Kalau Anda ingin menikmati terapi pikiran dengan nuansa alam yang berbeda, yuk kunjungi rekomendasi tempat wisata di Jogja berikut ini.

1. Hutan Pinus Mangunan 

happytour.id

Hutan Pinus Mangunan menjadi tempat wisata alam Jogja yang populer beberapa waktu terakhir. Spot foto yang instagramable menjadi tujuan para wisatawan datang ke tempat wisata yang berlokasi di Dusun Mangunan, Bantul, Jogjakarta atau sekitar 23 kilometer dari pusat kota. Bagi Anda yang ingin foto prewedding ala Bella Swan dan Edward Cullen, sebaiknya mengagendakan liburan ke Hutan Pinus Mangunan yang tidak memungut biaya masuk.

2. Pantai Wediombo

www.datawisata.com

Membicarakan Jogja tidak akan lengkap tanpa rekomendasi tempat wisata pantai eksotis di Gunungkidul. Jika Pantai Parangtritis dikenal sebagai ikon wisata di Jogjakarta, Anda juga harus tahu bahwa ada banyak destinasi pantai indah di kota ini. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan alam berpadu dengan hamparan pasir putih yang lembut adalah Pantai Wediombo. 

Tempat wisata alam Jogja ini menjadi spot fotografi terbaik. Anda bisa mengabadikan keindahan Pantai Wediombo yang diapit teluk lebar dengan jajaran batu karang menarik. Sunset di Pantai Wediombo akan semakin membuat Anda jatuh cinta dengan destinasi wisata alam nan menyegarkan. Kalau Anda ingin menikmati wisata alam sekaligus budaya kearifan lokal, jangan lupa menyaksikan upacara Ngalangi atau ungkapan syukur masyarakat pesisir Pantai Wediombo pada Tuhan YME.

3. Air Terjun Kedung Pedut

www.alodiatour.com

Bosan dengan suasana pantai yang ada di Jogja? Anda sebaiknya mencoba merileksasi diri dengan menikmati pemandangan indah di Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun yang masih perawan ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kulon Progo. 

Pemandangan eksotis air terjun dan sekitarnya yang masih alami menjadi daya pikat utama. Air kolam berwarna biru tosca akan sangat cocok menjadi latar foto Anda di instagram atau facebook. Kalau Anda berniat liburan ke Air Terjun Kedung Pedut, cukup keluarkan uang sekitar 6 ribu rupiah sebagai retribusi masuk ke tempat wisata alam Jogja terbaik ini. 

4. Desa Wisata Kalibiru

jogjarafira.com

Wisata alam Jogja yang tak kalah eksotis ada di daerah Kulonprogo atau Desa Wisata Kalibiru. Pemandangan alam yang masih alami menjadi tujuan para pelancong yang ingin melepas penat dari rutinitas perkotaan. Desa wisata yang berada di Kecamatan Kokap ini memiliki hamparan hutan hijau yang bisa dinikmati dari ketinggian. Selain itu, Kalibiru memiliki eksotisme Waduk Sermo yang memukau. 

Di desa wisata ini, Anda bisa menikmati suasana alam sekaligus mendapatkan foto-foto cantik. Jangan lewatkan berfoto di rumah pohon atau platform kecil kayu yang berada di atas pohon pinus. Menjelang senja, pemandangan alam Waduk Sermo dari kejauhan akan semakin membuat foto Anda mempesona. 

5. Air Terjun Sri Gethuk 

enaknyakemana.com

Gunungkidul dikenal sebagai salah satu kabupaten yang sering dilanda kekeringan saat musim kemarau tiba. Tapi, tahukah Anda bahwa kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata pantai ini menyimpan wisata alam Jogja terbaik? Ya, Gunungkidul memiliki air terjun yang disebut sebagai air terjun terbaik di seantero Jogjakarta. Air Terjun Sri Gethuk yang berada di ngarai Sungai Oya, Desa Wisata Bleberan, Gunungkidul wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. 

Anda bisa menikmati keindahan tebing-tebing karst, undakan bebatuan dan aliran air yang mengalir tanpa henti. Anda bisa membayar tiket 10 ribu rupiah atau tiket terusan 35 ribu rupiah untuk menikmati pemandangan indah Air Terjun Sri Gethuk sekaligus Goa Rancang Kencono. Ajak keluarga Anda untuk liburan ke tempat wisata alam Jogja yang fenomenal ini ya!

5 rekomendasi tempat wisata alam Jogja di atas wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk liburan ke kota Gudeg. Jogja tidak hanya dikenal memiliki Candi Prambanan saja, bukan? Yuk, agendakan libur akhir pekan Anda ke Jogjakarta bersama dengan orang-orang tercinta!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *