5 Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi 2019

Juli 14, 2019

Lazuva | Tempat Wisata Jogja – Halo teman baik Lazuva, semoga kamu semua selalu sehat dan semangat menjalani hari-hari di bumi katulistiwa ini.

Liburan asyik ke tempat wisata kota Jogjakarta memang wajib Anda agendakan bersama dengan keluarga atau teman. Ada banyak destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi selama beberapa hari di kota pelajar ini. Ikon kota seperti Tugu Muda, Keraton Yogjakarta, Jalan Malioboro dan Candi Prambanan  mungkin sudah terdengar biasa.

Ini dia Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Anda ingin mencari tempat wisata di Jogja terbaru yang anti mainstream? Sebaiknya Anda ketahui rekomendasi 5 tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini. 

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

parang kusumo tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi

Jogja lekat dengan popularitas Pantai Parangtritis sebagai destinasi paling ikonik dari kota istimewa ini. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi tak jauh dari Pantai Parangtritis? Ya, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo yang merupakan satu-satunya wisata anti mainstream

Tempat wisata ini menawarkan area padang pasir yang cukup luas. Anda bisa berfoto dengan latar belakang menarik atau mencoba papan seluncur pasir yang menantang adrenalin.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

wisata jogja-gunung api purba nglanggeran

Di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Anda bisa menikmati pemandangan alam terbaik di Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini merupakan gunung api non aktif yang berusia lebih dari jutaan tahun lalu.

Tak perlu panik bakal kelelahan sebab ketinggian gunung hanya sekitar 700an meter dari permukaan laut. Pendaki hanya perlu waktu tiga puluh menit saja untuk mencapai puncak gunung. Dijamin Anda bakal terhipnotis dengan pemandangan yang ditawarkan Gunung Api Purba Nglanggeran. Jangan lupa untuk mampir ke Embung Nglanggeran yang ada di lokasi sekitar gunung ya!

3. Taman Sari

gedhong-taman-sari-yogyakarta

Jika Keraton Yogjakarta menjadi destinasi wisata populer yang cukup ramai, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata bersejarah lain yang tak kalah menarik yaitu Taman Sari. Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini memiliki pesona menawan. Anda akan menyaksikan kemegahan bangunan tua yang telah berusia ratusan tahun sebagai tempat rekreasi keluarga keraton jaman dahulu. (Baca juga : 5 Spot Wisata di Taman Sari Jogja)

Selain itu, Anda bisa pula melakukan sesi pemotretan mengingat setiap sudut Taman Sari sangat menarik. Ada kompleks pemandian, kanal air, danau buatan, masjid bawah tanah dan lain-lain. Anda hanya perlu membayar tiket 5 ribu rupiah saja untuk menikmati keindahan di Taman Sari. 

4. Tebing Breksi

wisata sleman

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi tahun 2019 adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi merupakan bekas tambang batu yang dihentikan total pada tahun 2014 lalu. Bebatuan di Tebing Breksi merupakan obyek wisata geo heritage yang terbentuk akibat penambangan bertahun-tahun. Pemerintah dan masyarakat mulai membangun bekas tambang menjadi guratan yang indah. 

Kini Tebing Breksi salah satu destinasi wisata favorit di Jogjakarta lho! Tidak ada tarif masuk ke Tebing Breksi selain biaya parkir sepeda motor 2 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Kalau Anda ingin menuju ke destinasi wisata yang ada di Sleman ini, arahkan saja kendaraan dari pusat kota Jogja menuju ke arah Prambanan-Piyungan. Lokasi wisata tak jauh dari lokasi Candi Ijo atau sekitar 7 kilometer dari Candi Prambanan. 

5. Pantai Timang

tempat-wisata-jogja-pantai-1

Tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi memang tidak lepas dari pesona pantai. Kalau Anda mencari destinasi wisata pantai yang anti mainstream, sebaiknya mengetahui tentang Pantai Timang. Lokasi wisata yang pernah menjadi tempat syuting Running Man episode 371 ini memang memiliki daya tarik yang berbeda dibandingkan pantai lain di Jogjakarta. 

Anda wajib menantang keberanian dengan menaiki gondola atau melewati jembatan yang merupakan akses menuju ke Pulau Timang. Sensasi menantang adrenalin menuju ke Pulau Timang menjadi pemikat tempat wisata ini. Meskipun Anda harus membayar cukup mahal ratusan ribu rupiah untuk naik gondola, pengalaman di Pantai Timang bakal tak terlupakan, kok

Dari 5 destinasi wisata di Jogja yang wajib dikunjungi di atas, mana yang ingin Anda jadikan destinasi liburan akhir pekan? Ajak keluarga atau orang terkasih Anda mencoba pengalaman seru berlibur ke tempat wisata anti mainstream yang ada di DIY. Dijamin Anda bakal ketagihan untuk menikmati suasana menyenangkan di kota gudeg lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *