6 Tempat Wisata di Karanganyar Hits Buat Libur

September 9, 2019

Dikenal sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Karanganyar bisa dijangkau dengan menempuh perjalanan sekitar 15km dari pusat kota, Solo. Berlokasi di wilayah lereng gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar sendiri terkenal dengan hawa udaranya yang sangat sejuk dan panorama alamnya yang begitu menakjubkan. Tidak mengherankan jika paket perjalanan tour Solo selalu melibatkan tempat wisata di Karanganyar yang sangat mempesona.

Bentangan alam yang begitu indah dengan hutannya yang masih perawan nan hijau menjadi daya tarik tersendiri atas surga dunia yang layak untuk dieksplorasi lebih jauh. Dalam beberapa kesempatan seperti libur panjang, Kabupaten Karanganyar selalu dipenuhi dengan para wisatawan dari berbagai daerah. Banyak sekali tempat wisata di Karanganyar yang sangat alami sekaligus buatan manusia dan pastinya menjadikan kawasan tersebut dikenal luas sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Solo.

Deretan tempat wisata di Karanganyar yang layak dikunjungi

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke wilayah Karangayar, Solo, bisa jadi Anda masih asing dengan berbagai tempat wisata yang ada di kabupaten ini. Sebagai referensi, Anda bisa mencoba untuk mengunjungi tempat wisata di Karanganyar berikut ini. Dijamin, Anda bakalan betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat tersebut.

1. Telaga Madirda

tempat wisata di karanganyar

Salah satu tempat wisata di Karanganyar yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi di saat liburan atau akhir pekan adalah Telaga Madirda. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan latar belakang berupa perbukitan. Untuk bisa sampai di tempat wisata yang satu ini, Anda harus memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, mengingat rute yang dilewati berupa tanjakan, turunan hingga tikungan.

2. Kebun Teh Kemuning

tempat wisata di karanganyar

Berlokasi di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, kebun teh kemuning juga dikenal sebagai tempat wisata terbaik untuk membebaskan diri dari belenggu pekerjaan selama seminggu yang lalu. Udara yang sangat sejuk dengan hamparan hijau kebun teh yang membentang luas akan memberikan kesejukan bagi mata yang memandang. Sangat tepat jika kemudian kebun teh kemuning dinobatkan sebagai tempat wisata di Karanganyar.

3. Air Terjun Jumog

Pesona alam dari wilayah Karanganyar tidak berhenti sampai sebuah kebun teh saja, melainkan juga ada sebuah air terjun yang sangat indah. Dikenal dengan sebutan air terjun Jumong, tempat wisata di Karanganyar ini berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Kondisi airnya yang begitu jernih dan ketinggian air terjun yang hanya sebatas 25 meter saja menjadikan lokasi ini cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air.

4. Agrowisata Sondokoro

tempat wisata di karanganyar

Sebuah tempat wisata yang dulunya merupakan pabrik gula ini sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan ataupun libur panjang bersama pasangan dan keluarga. Tempat wisata di Karanganyar yang satu ini tidak hanya menawarkan pemandangan taman yang sangat indah, melainkan juga berbagai fasilitas menarik lainnya seperti kereta tua keliling, outbound hingga waterboom yang mengasyikkan.

5. Taman Dirgantara Edupark

tempat wisata di karanganyar

Bagi Anda yang tertarik untuk mengajak keluarga sembari mengenal lebih jauh tentang pesawat terbang, kini saatnya Anda berkunjung ke tempat wisata di Karanganyar yaitu taman dirgantara edupark. Beralamatkan di Jalan Gatot Subroto, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, taman dirgantara edupark ini menjadi spot menarik untuk lebih mengenal seluk beluk dari sebuah pesawat ataupun helicopter. Pastikan Anda mengabadikan momen di tempat ini.

6. Candi Cetho

tes keperjakaan di candi cetho

Apakah Anda tertarik dengan wisata sejarah? Jika iya, Anda bisa berkunjung ke sebuah peninggalan sejarah kuno yaitu Candi Cetho. Sebuah tempat wisata di Karanganyar ini ditemukan oleh seorang arkeolog Belanda yang bernama Van de Vlies pada tahun 1842. Dikatakan bahwa Candi Cetho yang merupakan peninggalan kerjaan agama Hindu itu sendiri dibangun pada tahun 1451-1470 tepatnya pada masa pemerintahan Raja Brawijaya V.

Itulah beberapa tempat wisata di Karanganyar yang sangat direkomendasi untuk dikunjungi di saat libur panjang ataupun akhir pekan. Pesona alam tempat wisata mulai dari keindahan alam yang masih sangat asri hingga wisata sejarah yang masih terjaga dengan baik menawarkan nilai plus tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Untuk itu, pastikan Anda tidak lupa untuk singgah di beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Karanganyar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *