5 Hal Menarik di Taman Nasional Ujung Kulon Wajib Kamu Tahu

November 28, 2018

Lazuva.com – Sesuai dengan nama yang tersemat, Taman Nasional Ujung Kulon berada di wilayah paling barat Pulau Jawa. Ya, taman nasional yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1992 ini berlokasi di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat. Terbentang di wilayah seluas 11.956 hektare, taman nasional ini memiliki berbagai hal menarik yang wajib Kamu coba jika berkunjung ke Pandeglang.

 

Berikut 5 hal menarik seputar taman nasional kebanggaan Indonesia ini.

 

Menyaksikan keberadaan rel kereta mengarah ke lautan di Pulau Handelulum

REL KERETA API DI PULAU HANDELEUM Ujung KulonPulau Handeulum merupakan sebuah pulau yang berada di sisi timur Semenanjung Ujung Kulon. Kamu bisa menyaksikan keberadaan rel kerata terunik di dunia sebab mengarah ke lautan. Ada sebuah resor sederhana di pulau ini yang bisa Kamu pilih sebagai tempat menginap. Sebaiknya Kamu berhati-hati sebab kawasan hamparan pohon bakau di Pulau Handeulum memiliki ular piton yang bisa saja muncul tiba-tiba.

 

Menikmati kegiatan berlibur asyik di pantai Pulau Panaitan dan Pulau Peucang

pulau panaitan ujung kulon bantenBagi Kamu yang hendak liburan ke Taman Nasional Ujung Kulon, pasti mengagendakan liburan asyik di Pulau Panaitan dan Pulau Peucang. Di Pulau Panaitan yang tidak memiliki resor, Kamu bisa menantang ombak laut dengan memilih kegiatan selancar yang anti mainstream. Sedangkan Pantai Peucang sangat cocok untuk Kamu yang ingin menikmati kegiatan seru seperti berenang, snorkeling atau diving. Tinggal pilih mana yang Kamu sukai, ya?


Baca Juga : Tiket Masuk Wisata Pule Payung, Banyak Spot Kece!


 

Menyaksikan badak bercula satu berendam di Sungai Cigenter

hal menarik di taman nasional ujung kulon bantenBisa dikatakan kalau Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tempat wisata terbaik untuk menyaksikan hewan langka dilindungi yaitu badak bercula satu. Kamu bisa memilih aktivitas berkano mengelilingi sungai sembari menyaksikan keberadaan hewan tersebut yang berendam di pinggir sungai. Asyik, ya?

 

Menikmati suasana alam yang masih perawan

suasana alam taman nasional ujung kulonBagi turis dari perkotaan yang ingin menghilangkan penat aktivitas rutin, bisa memilih Taman Nasional Ujung Kulon sebagai spot wisata alam terbaik. Kamu bisa memilih mendaki Gunung Honje untuk menyaksikan Curug Cikajang, Curug Pipanis, Sumber Air Panas Cibiuk dan Desa Nelayan Cibanua.
Kamu juga memiliki opsi menarik dengan mengabadikan potret pantai indah di Pulau Oar-Umang. Pulau ini hanya seluas lapangan bola basket namun memiliki biru air laut yang super jernih. Fotomu bakal super mengagumkan di Pulau Oar-Umang jika dipajang di media sosial lho!

 

Berfoto layaknya savanna Afrika di Padang Cidaon dan Cibunar

padang savana ujung kulonTaman Nasional Ujung Kulon benar-benar menjadi tempat wisata akhir pekan yang menyenangkan. Kamu bisa menikmati wisata alam di Padang Cidaon dan Cibunar sekaligus menyaksikan berbagai macam hewan dilindungi seperti rusa, banteng dan lain-lain. Kamu harus naik perahu sekitar 15 menit dari Pulau Peucang ke tempat ini.


Baca Juga : 9 Tempat Wisata di Banten yang Sangat Menakjubkan


 

Nah, apakah Kamu tertarik mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon saat musim liburan nanti? Soal fasilitas, taman nasional ini sudah lumayan memadai namun Kamu memang harus merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, biaya menyewa kapal cepat dari Pantai Carita di Anyer menuju kawasan ini dipatok 4,5 juta rupiah untuk delapan orang penumpang. Selain itu, biaya masuk kawasan taman nasional hanya 5 ribu rupiah untuk pelancong lokal sedangkan pelancong asing wajib membayar tiket 150 ribu rupiah.

Yuk, ajak orang terkasih Kamu memiliki kesempatan menyaksikan keberadaan Badak Jawa atau Rhinocheros Sondaicus yang langka! Menikmati wisata alam yang masih terjaga di Ujung Kulon, kenapa tidak?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *