Sejarah Museum Angkut Malang, Sejak Kapan Museum Ini Ada?

Desember 31, 2018

Bagaimanakah cerita sejarah museum angkut Malang? Sebelum mengetahui cerita sejarahnya Anda sebaiknya mengenal tentang lokasi tempat wisata museum angkut terlebih dahulu. Museum angkut merupakan salah satu tempat wisata yang berada di kota Malang. Lokasi tepatnya yaitu berada di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2, Ds Ngaglik, Kecamatan Batu Malang berada di lereng Gunung Panderman.

Museum angkut adalah destinasi wisata yang cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing. Luas wisata mencapai 3,8 hektar yang didalamnya dipenuhi dengan koleksi sarana transportasi, replika Landmark dan berbagai macam zona. Selanjutnya Anda bisa mengetahui cerita keseruan dan sejarah museum angkut Malang pada berikut.

lokasi museum angkut malang sejarah museum angkut malang

Cerita Sejarah Museum Angkut Malang

Sejarah museum angkut Malang dimulai dari Jawa Timur Park Group sebagai pendiri tempat wisata yang resmi dibuka pada tanggal 9 Maret 2014. Jawa Timur Park Grup juga membangun tempat wisata populer lainnya di Malang seperti Batu Night Spectakuler, Jatim Park I, Batu Secret Zoo, Jatim Park II, museum satwa dan Eco Green Park. Tujuan membangun museum angkut yaitu memberikan informasi mengenai sejarah kendaraan yang berada di dunia.

Pembangunan tempat wisata museum angkut tidak hanya fokus pada koleksi alat transportasi didunia melainkan, ada bermacam-macam replika landmark dari berbagai negara didunia yang menampilkan latar belakang kendaraan.

museum angkut sejarah museum angkut malang

Adanya tempat wisata edukasi pengenalan cerita sejarah kendaraan, membuat para pengunjungnya dapat belajar mengenai berbagai jenis angkutan diseluruh dunia. Koleksi alat transportasi yang berada di museum angkut tergolong sangat langkah dan terdapat 300 koleksi mobil kuno, antik, dan modern.

Museum angkut juga memiliki koleksi kendaraan kuno Indonesia diantaranya yaitu becak, pedati, dokar, dan helikopter pertama yang dimiliki oleh pemerintahan Indonesia. Penasaran dengan tempat wisata ini, sebaiknya Anda langsung liburan ke museum angkut Malang.

Beberapa Zona di Museum Angkut Malang

Saat memasuki bagian dalam tempat wisata museum angkut Malang, Anda dihadapkan pada beberapa zona. Berikut merupakan zona yang berada di museum angkut.

wisata malang museum angkut sejarah museum angkut

Zona Edukasi memamerkan berbagai macam alat angkut yang nilai sejarahnya tinggi. Salah satu koleksi kendaraan bersejarahnya yaitu mobil Chrysler Windsor Deluxe yang merupakan mobil Presiden Soekarno.

Zona Sunda bernuansa tempo dulu dengan latar pelabuhan besar pada zaman colonial Belanda. Terdapat Landmark replika Menara Syahbahdar dan kolek angkutan.

Zona Hall Utama, sebuah aula utama yang berisi berbagai macam jenis kendaraan populer diseluruh dunia.

Zona Eropa, pada zona ini Anda bisa merasakan nuansa malam dan melihat angkutan dari negara Perancis, Italia, Jerman, dan Inggris.

Zona Gangster Town Broadway Street, setting zona mirip sekali dengan film Amerika yang bertema gangster.

Zona Istana Bungkingham, latar belakang istana biasa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk hunting foto.

Zona Hollywood, zona yang menyediakan latar sama dengan Hollywodd dan dilengkapi dengan kendaraan yang pernah digunakan dalam pembuatan film Hollywood.

Zona Pasar Apung merupakan pusat penjualan souvenir.

Zona flight training, disini Anda bisa merasakan masuk ke dalam ruang kokpit pesawat terbang.

Zona D’Topeng Kingdom, menawarkan koleksi topeng yang berada diberbagai daerah di Indonesia.

Zona Las Vegas menawarkan koleksi kendaraan khas negara Amerika Serikat.

Banyak sekali zona yang berada di museum Angkut Malang. Oleh karena itu Anda harus datang lebih pagi supaya dapat menjelajahi semua zona yang berada disana.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *