5 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng yang Keren Banget, Asli!

Juni 5, 2018

Rekomendasi tempat wisata Dieng ini kami buat untuk kamu yang ingin travelling ke Dieng tapi bingung mau menyusuri wisata mana saja. Sebenarnya tempat wisata di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini semuanya keren dan seru-seru untuk dijelajahi. Tetapi kami akan coba memilihkan 5 tempat wisata untuk direkomendasikan. Kalo kamu punya wisata dieng lain yang keren, boleh share di kolom komentar loh..

Kamu bisa pakai rekomendasi tempat wisata ini untuk membantu menentukan tujuan, mau ke mana sih kamu akan travelling. Dieng kan banyak tempat wisata, kalau kamu tidak menetapkan tujuan sebelum kamu berangkat, bisa-bisa pengalamanmu wisata ke Dieng tidak maksimal. Atau bisa saja realita travelling mu tidak berjalan sesuai harapan. Maka dari itu sebaiknya rencanakan dulu destinasi wisata mu mau ke mana saja. Banyak cari-cari info tentang tempat-tempat wisata Dieng yang keren.

Okee, di bawah ini ada 5 rekomendasi tempat wisata Dieng yang keren, kami pilihkan khusus untuk kamu.

1. Puncak Sikunir

rekomendasi tempat wisata dieng kerenSikunir merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan wisata Dieng, momen terbaik untuk mendaki sampai puncak bukit Sikunir ini adalah ketika menjelang matahari terbit. Sebaiknya kurang dari jam 5 pagi kamu sudah sampai puncak. Maka kamu akan dapat momen golden sunrise yang keren banget.

Kalo kamu ingin naik ke puncak Sikunir demi momen sunrise, berarti harus siap tiba di parkiran sikunir saat suasana masih gelap, jam 2 atau jam 3 pagi. Atau kamu bisa juga mendirikan tenda dan berkemah agar waktu bisa lebih santai. Perjalanan mendaki sampai puncak bisa di tempuh dalam waktu 20-30 menit saja, tidak terlalu berat kok. Cuma kamu harus berjuang melawan dinginnya suhu di puncak bukit Sikunir yang kadang dapat sangat ekstrim.


Baca Juga : Mitos Air Terjun Grojogan Sewu yang Mengerikan


2. Telaga Warna

rekomendasi tempat wisata dieng kerenTak jauh dari Sikunir, ada tempat wisata lainnya, yaitu Telaga Warna. Diberi nama Telaga Warna, karena pada dasarnya warna air di telaga ini dapat berubah-ubah. Bisa menjadi warna hijau, berubah menjadi kuning, atau juga seperti pelangi. Air di telaga warna mengandung sulfur yang menyebabkan warna airnya bisa berubah-ubah bila terpapar sinar matahari.

Kamu bisa mendaki bukit yang ada di sekitar telaga, untuk melihat telaga dari sudut yang berbeda. Ada banyak bukit, salah satunya adalah bukit ratapan angin, dari sana kamu bisa mendapat pemandangan yang sangat bagus ke arah telaga.

3. Kawasan Candi Arjuna

rekomendasi tempat wisata dieng kerenSatu kawasan sejarah yang tidak bisa di tinggalkan adalah Candi Arjuna. Lokasi kawasan Percandian Arjuna relatif mudah untuk dijangkau, baik dengan kendaraan umum atau dengan kendaraan pribadi. Menurut cerita yang berkembang, pembangunan candi di kawasan dataran tinggi Dieng sudah di mulai sejak jaman kerajaan Kalingga pada abad ke 6 masehi.

Bila sempat datang ke sini, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan pemandangan di kawasan candi Arjuna. Kamu juga bisa tidur santai di rerumputan sekitar candi. Di jamin sangat nikmat rasanya, tidur di alam terbuka dengan udara dingin yang kadang menyeruak badan.


Baca Juga : Keindahan Kota Jogja Di Malam Hari, Malioboro Selalu Bikin Rindu


4. Kawah Sikidang

rekomendasi tempat wisata dieng kerenDi salah satu tempat wisata Dieng ini kawahnya sering berpindah-pindah atau melompat-lompat, karena itu di berikan nama kawah Sikidang. Bermula dari hewan Kidang/Kijang yang sering melompat-lompat, sama seperti keberadaan kawah Sikidang ini. Jangan kaget jika aroma khas belerang langsung merasuk hidung ketika kamu tiba di tempat ini. Bila tidak kuat dengan bau belerang yang sangat pekat, sebaiknya kamu sediakan masker sebelum ke tempat ini.

Di tempat wisata Dieng yang keren ini, kamu bisa mencoba merebus telur di kawah-kawah kecil yang ada. Kalo dirumah kan tidak bisa mencicipi telur rebus yang matang di mata air manas belerang. Kamu juga bisa beli oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga di sini. Harganya relatif lebih murah dibanding tempat lain.

5. Gunung Prau

rekomendasi tempat wisata dieng kerenJika ingin tantangan yang lebih dari bukit Sikunir, kamu bisa mencoba mendaki ke Gunung Prau. Sama seperti bukit Sikunir, di Gunung Prau kamu juga bisa menikmati sunrise yang indah. Di puncak yang berbentuk memanjang ini kamu akan dapat spot-spot foto yang instagramable banget, asli keren deh!

Yang unik adalah gugusan-gugusan tanah di puncak Gunung Prau ini, sangat cantik di penuhi dengan rumput hijau. Oleh warga sekitar, tempat ini di juluki sebagai bukit Teletubies. Yaa memang bentuknya mirip seperti bukit di film Teletubies itu sih.


Baca Juga : 9 Tanda Kucing Mengungkapkan Rasa Sayangnya


Itu tadi 5 rekomendasi tempat wisata Dieng yang keren banget. Oh iyaa, Dataran tinggi Dieng terkenal dengan suhunya yang sangat dingin. Buat kamu yang ingin pergi ke Dieng, siap-siap dengan pakaian tebal yaa. Jangan sok kuat deh cuma pengen pakai kaos aja, pulang-pulang masuk angin baru nyesel nanti. hehe..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *