Traveling Wisata Pulau Tidung Kepualauan Seribu, Keren Sumpah!

April 20, 2019

Bagi Anda yang bertempat tinggal di Jakarta dan ingin berlibur serta menikmati keindahan alam yang sangat mempesona, kini tidak perlu bingung lagi, sebab ada tempat wisata keren yang bisa dijadikan sebagai referensi wisata. Dikenal dengan sebutan Pulau Tidung Kepulauan Seribu, tempat wisata ini sangat berbeda dengan beberapa pulau kecil yang masuk di gugusan Kepulauan Seribu. Hal ini terkait dengan ragam aktivitas dan fasilitas yang ditawarkannya

Sekilas terkait sejarah pulau Tidung

Keindahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu memang tidak perlu diragukan lagi, baik itu pemandangan atas laut ataupun di bawah laut yang menawarkan keanekaragaman biota laut yang sangat menakjubkan. Terlepas dari keindahan alam pulau Tidung, siapa sangka jika pulau ini ternyata memiliki cerita bersejarah yang patut untuk Anda ketahui juga. Hal ini sangat erat dengan sejarah perjuangan bangsa dengan pihak kolonial Belanda.

Cerita tersebut bermula dari adanya sebuah kerajaan suku Tidung yang ada di Kalimantan Timur pada tahun 1076-1156 M. Di saat kerajaan tersebut diserang oleh Belanda, raja Pandhita yang memerintah pada saat itu diungsikan ke sebuah pulau tepatnya di sebelah utara Jepara. Saat itu pula, Raja Pandhita melarikan diri kembali hingga terdampar di sebuah pulau dan menyamar menjadi sosok lelaki dengan sebutan “Kaca”.

Sifatnya yang suka membantu masyarakat menjadikan Raja Pandhita disukai oleh warga yang tinggal di pulau kecil tersebut. Hingga suatu masa, raja tersebut meninggal dan keluarganya mencari dengan susah payah. Mengetahui rajanya telah meninggal, sebagai bentuk penghormatan, masyarakat mengabadikan namanya sebagai nama pulau, yaitu Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Berlokasi di kecamatan Kelurahan Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Tidung menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan luas yang mencapai 109 hektar, Pulau Tidung Kepulauan Seribu ini memiliki penduduk sebanyak 5,000 jiwa dan dibagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta sepanjang 800 m.

Sebagian besar, penduduk Pulau Tidung Kepulauan Seribu ini bertempat tinggal di Pulau Tidung Besar sedangkan untuk Pulau Tidung kecil merupakan sebuah tempat konservasi hutan mangrove. Untuk mata pencaharian dari penduduk setempat adalah dengan berjualan cinderamata serta ada juga yang menyewakan losmen untuk para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung yang ada di Kepulauan Seribu.

Pesona indah Pulau Tidung

Salah satu pesona indah alam pulau Tidung adalah pantainya yang sangat terkenal dengan pasir putihnya yang sangat indah dan berwarna putih serta air laut yang sangat biru. Untuk menikmati keindahan tersebut, Anda bisa memanfaatkan berbagai watersport yang ada di Pulau Tidung Kepulauan Seribu tersebut. Tentunya yang demikian ini akan sangat cocok untuk Anda yang memang ingin menantang adrenalin Anda.

Sedangkan bagi Anda yang datang ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu dengan keluarga, wisata edukasi untuk memperkenalkan tanaman mangrove bisa dijadikan sebagai alternative wisata yang sangat mendidik. Selama di tempat wisata ini, Anda bisa belajar berbagai hal terkait dengan budi daya tanaman tersebut. Untuk diketahui,  bahwasannya keberadaan hutan mangrove tersebut membantu mencegah pengikisan yang disebabkan oleh air laut.

Menariknya lagi, bagi Anda yang merencanakan honeymoon dengan pasangan, Pulau Tidung Kepulauan Seribu ini juga menawarkan berbagai spot nan romantis yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk menghabiskan waktu berdua. Beberapa spot tersebut diantaranya adalah Pantai Cemara Kasih, Pantai Saung Perawan serta Jembatan Cinta.

Jadi, bagi Anda yang jenuh dengan aktivitas di pusat kota Jakarta, akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu bersama pasangan ataupun keluarga untuk mengunjungi Pulau Tidung Kepulauan Seribu yang menawarkan berbagai keindahan alam yang sangat menakjubakan. Beberapa keindahan tersebut sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai wisata keluarga sekaligus juga tempat honeymoon bersama pasangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *