Pantai Gesing Gunung Kidul, Nikmati Sunset Di Atas Bukit

Januari 7, 2019

Sedang mencari tempat wisata yang indah di Jogja? Kenapa tidak mencoba mengunjungi pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul? Salah satu pantai indah yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah pantai Gesing di Gunung Kidul. Pernahkah Anda mendengar namanya? Memang apabila di bandingkan dengan pantai Baron, Indrayanti, atau pantai Drini, nama pantai Gesing memang tidak begitu tenar.

wisata pantai gesing di gunung kidul

Pantai Gesing terletak di Dusun Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, D. I. Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa, baik roda dua, maupun roda empat. Pasalnya tak ada kendaraan umum yang sampai ke lokasi pantai Gesing ini.

objek wisata gunung kidul pantai gesing

Lokasi pantai Gesing Gunung Kidul sebenarnya berada dekat dengan Pantai Nguluran, wisata pantai Nguluran terkenal dengan teras kacanya yang lagi hits di kalangan remaja karena lokasinya yang instagramable. Sudah pernah juga kah Anda mengunjungi pantai Nguluran? Atau Anda langsung mengarahkan tujuan ke pantai Gesing? Ya, memang rute ke pantai Gesing juga melewati wisata pantai Nguluran.

wisata pantai gesing di gunung kidul

Bicara tentang pantai Gesing di Gunung Kidul, tempat wisata ini memiliki struktur yang cukup eksotis. Berbentuk seperti lekukan atau teluk kecil dengan batuan karang yang tajam dan tebing terjal menghadap ke laut. Menjadikan pemandangan di objek wisata ini berbeda dari tempat lain. Apa bila di pantai-pantai lainnya lebih banyak disuguhi dengan hamparan pasir, maka di sini lebih di dominasi oleh batu-batuan karang.

Yang menarik, Anda juga bisa menikmati Sunset di Pantai Gesing Panggang Gunung Kidul ini. Apabila Anda mau sedikit bersusah payah mendaki bukit, sunset yang indah akan bisa Anda temui di sini.

Berapa Harga Tiket Masuk di Pantai Gesing Gunung Kidul?

pantai gesing gunung kidul

Harga tiket masuk pantai Gesing relatif sangat terjangkau, untuk wisatawan yang ingin menjelajahi pesisir Gunung Kidul ini, cukup dengan membeli HTM (Harga Tiket Masuk) sebesar Rp5.000,- per orang, dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000,- untuk roda dua, dan Rp5.000,- untuk biaya parkir mobil pribadi.

Karena lokasi pantai Gesing ini yang berada di daerah pesisir Gunung Kidul yang terkenal dengan struktur datarannya, maka rute menuju ke pantai Gesing ini penuh dengan kelokan, tanjakan, dan turunan yang lumayan menantang. Sebaiknya bawalah kendaraan yang benar-benar sehat dan prima untuk menuju ke tempat wisata ini.

Kenapa Pantai Gesing Sangat Direkomendasikan Untuk Anda Kunjungi?

wisata di gunung kidul pantai gesing

Struktur pantainya unik dan menarik dijadikan objek foto

Pantai ini terletak di lekukan kecil seperti teluk dan kanan dan kirinya adalah tebing batuan karang. Sementara bagian mukanya adalah dataran pasir putih yang indah. Anda bisa berfoto-foto mengabadikan momen indah ini. Baik di atas tebing, maupun dibawah dengan pasir putih yang nampak bersih. Pantai ini juga cenderung masih sepi, tidak seperti pantai Wediombo atau pantai Indrayanti yang telah ramai didatangi pengunjung. Suasana ini membuat pantai Gesing lebih nyaman untuk liburan.

Bisa liburan sambil mancing ikan di laut

Boleh lho kalau Anda liburan ke sini sambil membawa kail pancing. Bersantai sambil memancing ikan laut rasanya sangat menarik untuk di coba. Bisa lho Anda memancing dari atas tebing batu karang di pantai Gesing ini. Sensasinya pasti sulit di saingi tempat wisata lainnya.

Bisa beli ikan laut segar langsung dari nelayan

Bila Anda malas untuk memancing dan tak sabar menunggu umpan di sambar ikan, maka ini lah solusinya. Beli saja ikan laut hasil tangkapan dari nelayan, pasti masih segar dan tak perlu susah-susah mancing sendiri. Harganya juga relatif terjangkau kok.

Kalau masih malas memasaknya di rumah, bisa juga beli yang sudah di masak, alias sudah siap santap dan di makan di lokasi pantai Gesing ini. Ada warung-warung yang siap memasakkan ikan untuk Anda.

Fasilitas sangat memadai

Tidak perlu ragu untuk datang ke sini karena khawatir mengenai fasilitas. Karena fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai.  Apa saja fasilitasnya?

  1. Tempat ibadah/Mushola
  2. Toilet
  3. Tempat parkir kendaraan
  4. Spot foto
  5. Pemandangan yang indah

Lokasi pantai Gesing dekat dengan wisata lain di Gunung Kidul

Salah satu pertimbangan kenapa Anda sebaiknya mengunjungi pantai Gesing ini adalah karena lokasinya yang dekat dengan destinasi wisata lain, seperti pantai Buges, teras kaca di pantai Nguluran, dan lain-lainnya.

Lihat lokasi pantai Gesing dan wisata yang ada di sekitarnya via Maps berikut ini :

Untuk mengunjungi pantai Gesing ini, usahakan untuk memilih kendaraan yang prima ya, dan sebaiknya pengemudi kendaraan sudah benar-benar lincah dan memiliki jam terbang yang cukup. Ini karena jalan menuju pantai Gesing ini yang lumayan menantang. Selamat liburan!

tempat wisata gunung kidul pantai gesing

Jelajahi tempat wisata Indonesia lebih banyak dengan melihat rekomendasi wisata di Lazuva.com

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *