Kebanggaan Warga Bali, Garuda Wisnu Kencana yang Dibangun 28 Tahun

Oktober 10, 2018

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan destinasi wisata dan ikon baru kebanggaan bagi bangsa Indonesia, khususnya warga masyarakat Bali. Setelah 28 tahun lamanya pembuatan patung GWK Bali tersebut, akhirnya sekarang berhasil juga terselesaikan. Hasilnya pun membuat kita sangat bangga sebagai rakyat Bali.

garuda wisnu kencana

via instagram/mermaid_brings_roses

 

Lokasi patung ini berada di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kurang lebih 40 menit perjalanan dari selatan Denpasar.

garuda wisnu kencana bali

via instagram/octaindrayani

 


Baca Juga : Tiket Masuk & Lokasi Wisata Pule Payung, Banyak Spot Kece!


Patung Garuda Wisnu Kencana di rancang oleh seniman terkenal asli Bali, I Nyoman Nuarta. Pembangunannya sendiri pun memerlukan waktu sekitar 28 tahun untuk rampung sepenuhnya. Dan sempat di hantam krisis moneter dan rintangan-rintangan lainnya.

patung garuda wisnu kencana GWK

via instagram/haloulti68

 

Dalam pembuatannya, Garuda Wisnu Kencana menggunakan bahan tembaga dan kuningan dengan berat mencapai 3000 ton. Dan bahan bakunya pun di datangkan dari berbagai negara, seperti Jepang, Eropa, Amerika Latin.

Patung ini juga disebut-sebut tingginya mengalahkan patung Liberty, ketinggian patung GWK mencapai 121 meter. Meskipun begitu patung ini tetap tahan dari terpaan angin kok. Patung GWK dinilai tahan menghadapi angin dengan kecepatan 200 knot. Dan angin yang berhembus di kawasan itu rata-rata hanya 10 knot – 13 knot.


Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Wisata Dieng yang Keren Banget, Asli!


 

 

taman garuda wisnu kencana bali

via instagram/nowbalimag

Diketahui total biaya untuk membangun parung GWK mencapai angka 1,3 triliun rupiah. I Nyoman Nuarta pun menggandeng PT Alam Sutera Realty Tbk sebagai investornya.

 

Patung ini berdiri di area taman Garuda Wisnu Kencana yang mempunyai luas 4000 meter persegi, dan terdiri dari pilar-pilar batu kapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *