Menikmati Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau – Wisata Dieng Plateau

Mei 18, 2018

Golden Sunrise Sikunir Dieng memang menjadi primadona banyak orang. Begitu juga komplek wisata Dieng secara keseluruhan. Umumnya orang yang datang ke sini ingin merasakan suasana alam yang sejuk dingin, dan yang pasti suasana khas di dataran tinggi Dieng.

golden-sunrise-sikunir-dieng

Sumber : dokumentasi penulis
Terlihat ratusan pendaki memenuhi puncak Sikunir ingin menyaksikan golden sunrise

Bagi kamu penikmat sunrise, wajib hukumnya untuk menyaksikan golden sunrise sikunir Dieng Plateau. Atau mungkin kamu malah sudah berkali-kali mengunjungi berbagai wisata Dieng Plateau.

Tapi sepertinya meskipun sudah berkali-kali mengunjungi tempat ini, rasa bosan belum juga muncul, mungkin karena pesonanya, hawa dinginnya, dan suasananya yang bikin nyaman hati. Apalagi hati yang lagi tersakiti, huehuee..


Baca Juga : Wisata Jogja di Sekitar Malioboro


Menikmati golden sunrise tentu membutuhkan sedikit banyak perjuangan, seperti perjuangan untuk mendaki bukit, perjuangan melawan rasa dingin yang menggerus sampai ke tulang. Yaa, sunrise yang bagus tentu lebih mudah di dapatkan dari atas bukit atau gunung, karena tidak ada penghalang pepohonan atau bangunan yang menghalangi terbitnya matahari pagi.

Sama halnya seperti Sikunir Dieng Plateau, yang perlu perjuangan mendaki bukit sikunir Dieng ini. Meskipun pendakian tidak seperti mendaki gunung, jauh lebih ringan juka dibanding dengan mendaki gunung Sindoro misalnya.

Tapi tetap saja, bagi yang tidak biasa mendaki, ini akan terasa lumayan melelahkan, ditambah lagi hawa dingin yang membuat badan menggigil. Tapi tenang, pendakian ini tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari 30 menit, kamu sudah bisa sampai ke puncak bukit Sikunir ini. Jalan pendakian pun sudah dibuat tangga, sehingga pengunjung dapat lebih mudah melakukan pendakian.

golden-sunrise-sikunir

Sumber : dokumentasi penulis
Sunrise sudah Nampak jelas dari bukit sikunir dieng

Untuk melakukan pendakian dan mendapatkan sunrise yang cantik di bukit Sikunir Dieng ini, kamu bisa mempertimbangkan tips waktu ini.


Baca Juga : Ini Mitos Air Terjun Grojogan Sewu Yang Mengerikan


1. Kamu sudah tiba di parkiran atau pos pendakian bukit Sikunir sejak pukul 02.00 – 03.00 dini hari. Dengan tiba di lokasi pada jam tersebut kamu masih punya waktu sejenak bersantai dan tak terlalu tergesa-gesa. Kamu masih bisa jajan lebih dulu, atau pergi ke toilet.

2. Pada pukul 04.00 – 04.30 waktu setempat kamu telah memulai start pendakian bukit Sikunir. Bagi yang beragama Islam, silahkan melakukan Sholat Subuh dulu bila memungkinkan, tapi jika tidak memungkinkan melakukan Sholat di bawah kamu pun masih bisa tenang. Karena di atas bukit Sikunir telah disediakan juga tempat untuk menunaikan ibadah Sholat.

3. Sekitar pukul 04-30 – 05.00 kamu sudah bisa sampai ke puncak bukit. Kamu bisa atur posisi di mana tempat paling enak untuk menikmati sunrise Sikunir Dieng ini. Atau kamu butuh mencari tempat paling pas untuk meletakkan kameramu, untuk membuat timelaps misalnya saja. Tak berlama-lama, golden sunrise bukit Sikunir Dieng Plateau pun akan mulai terlihat. Warna merah jingga dilangit nampak sangat cantik dipandang

4. Pada pukul 06.30 – 07.00 kamu sebaiknya lekas berjalan menuruni bukit, sunrise sudah berakhir. Kamu bisa turun untuk membersihkan diri, mungkin mandi jika kamu tahan suhu air di Sikunir. Setelah itu bergegas mencari sarapan, tentu perutmu sudah lapar ingin mendapatkan jatah paginya.

golden-sunrise-sikunir-dieng-plateau

Sumber : dokumentasi penulis
Pendaki terlihat masih asyik berfoto dan menghabiskan waktu walaupun golden sunrise sudah berakhir

Jika kamu tidak memungkinkan untuk tiba di Sikunir pada pukul 03.00 dini hari waktu setempat, mungkin lebih baiknya kamu mendirikan tenda, alias nge-camp saja. Tidak ada ruginya loh nge-camp di Sikunir. Segala suasana dan pesonanya akan membuat mu larut.

Tenda bisa kamu dirikan disekitar telaga. Pasti banyak juga tenda-tenda yang sedang berdiri di sana. Dan kamu bisa mendapatkan waktu yang tepat untuk menikmati golden sunrise Sikunir Dieng Plateau

3 Comments

Eksapedia

Wah pas waktu kesini cuma sampai pos 1, soalnya udah siang ples temen-temen udah pada nyerah. Hahaha

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *