Manis dan Indahnya Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Juli 10, 2019

Lazuva | Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul dikenal sebagai daerah tandus sulit air karena karakteristik geografinya yakni bentang karst. Apabila berkendara di Gunung Kidul saat musim kemarau, kita akan banyak menjumpai tanaman pohon jati meranggas dikarenakan kekeringan. Meski demikian, ternyata Gunung Kidul mempunyai obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Lokasinya di Playen, Desa Bleberan, Gunung Kidul.

Sri Gethuk Bagai Oase di Lahan Gersang 

sri-gethuk-gunung-kidul-wisata-alam-jogja

Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk memang seperti oase di lahan gersang. Aliran airnya menjadi sumber air bagi pertanian daerah sekitarnya. Muara Sri Gethuk berada di Sungai Oya. Ketika sampai di objek wisata ini, pengunjung harus lebih dulu menuruni tangga agar sampai di tepian Sungai Oya. Kemudian ada 2 pilihan sampai tepat di air terjun, yaitu menaiki perahu atau jalan kaki di jalan setapak sisi sungai. 

Terdapat dua tebing yang mengapit sungai Oya dan menjadikan pemandangan sekitar semakin luar biasa. Menggunakan perahu untuk sampai di Sri Gethuk menjadi pilihan kebanyakan para pengunjung. Selain karena tidak melelahkan, menyusuri sungai Oya memunculkan sensasi seru petualangan. Namun ketika hari libur, mau tak mau para pengunjung wajib mengantre agar bisa diangkut perahu. 

Bagi pengunjung yang memilih berjalan kaki menuju Air Terjun Sri Gethuk, rutenya tak terlalu jauh. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5-10 menit. Kondisi jalan setapak menuju Sri Gethuk juga cukup baik dan tak licin, tetapi ketika perjalanan kembali, pengunjung akan menemukan tanjakan terjal dan melalui sejumlah anak tangga. 

Setiba di lokasi Sri Gethuk, suara merdu jatuhan air di Sungai Oya akan langsung menyambut pengunjung. Aliran air dari celah bebatuan kapur tidak terlalu deras, cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang di bawah air terjun. Bagi pengunjung yang tak bisa berenang, terdapat persewaan pelampung.

Akses ke lokasi dan harga tiket

Dari Jogja, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 38 KM atau kira-kira 1,5 jam menuju Air Terjun Sri Gethuk. Rute terbaik untuk mencapai Sri Gethuk yakni dengan melalui Imogiri lalu ke timur tepatnya jalan Imogiri-Dlingo. Selanjutnya ikuti plang arah petunjuk ke Sri Gethuk. Apabila menggunakan aplikasi Maps, terdapat rute lebih dekat yaitu melalui Jl. Pleret – Pathuk tetapi jalan tersebut akan melalui tanjakan terjal yaitu Tikungan Cinomati.

Meski berkelok menuju Air Terjun Sri Gethuk jalan utamanya masih tampak jelas sehingga tidak membingungkan. Kemudian akan ada pos retribusi, tempat para pengunjung membeli tiket untuk dua destinasi, yaitu Goa Rancang Kencana dan Sri Gethuk. 

Untuk lebih jelasnya tentang rute dan lokasi air terjun Sri Gethuk, bisa cermati peta google berikut ini.

Fasilitas di Objek Wisata Sri Gethuk

Terdapat beberapa fasilitas sudah tersedia bagi para pengunjung objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Beberapa fasilitas di wisata alam Sri Gethuk, antara lain:

  1. Lahan Parkir
    Area parkir berada di gerbang loket tiket air terjun. Jadi tidak perlu cemas tidak memperoleh lahan parkir, termasuk untuk bus sekali pun. 
  2. Kolam Pemancingan
    Selain itu, buat pengunjung yang punya hobi memancing, terdapat tempat pemancingan dekat area parkir.
  3. Kamar Mandi
    Sebelum pengunjung melanjutkan perjalanan menggunakan perahu ke Air Terjun Sri Gethuk pastikan ke toilet/kamar mandi lebih dulu karena kamar mandi hanya ada di area parkir.
  4. Mushola
    Meskipun sederhana setidaknya pengunjung dapat menunaikan ibadah sholat di mushola di area parkir.
  5. Perahu
    Dulu para pengunjung  Sri Gethuk harus berjalan di jalan setapak menuju lokasi air terjun. Kini, warga sekitar menyediakan perahu sebagai salah satu pilihan pengunjung yang tidak ingin kelelahan berjalan cukup jauh. 
  6. Warung Penjual Makanan
    Ketika lapar melanda, pengunjung  Sri Gethuk dapat menikmati masakan sederhana di warung-warung kecil sekitar lokasi objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Tentunya tak banyak pillihan makanan yang disediakan, terbatas pada makanan tradisional misalnya nasi tiwul dan gathot.
  7. Persewaan Jaket Pelampung dan Ban
    Sungai Oya terbilang dalam, sebab itu tersedia jasa penyewaan jaket pelampung dan ban. Dengan demikian para pengunjung yang tidak dapat berenang tak perlu khawatir tenggelam. 

Beberapa kelebihan Air Terjun Sri Gethuk, antara lain : debit air stabil tidak terpengaruh musim kemarau, aliran airnya melalui batuan karst sehingga menambah keindahan air terjun, sungai Oya yang jernih, dan beberapa fasilitas telah tersedia untuk memudahkan pengunjung.

Banyak juga wisata di Gunung Kidul lainnya yang bisa kamu sambangi. Cek wisata-wisata menarik yang ada di Gunung Kidul di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *