9 Tempat Wisata di Banten yang Sangat Menakjubkan

November 12, 2018

Provinsi Banten terletak di bagian paling barat pulau Jawa dengan ibukota Serang. Banten memiliki banyak potensi tujuan wisata. Tujuan wisata di Banten kebanyakan adalah pantai, tetapi ada banyak tujuan wisata lain di Banten yang tak kalah menarik untuk dilihat. Apa sajakah tempat wisata itu?

Tempat Wisata Populer di Banten

 

1. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional ujung kulon wisata bantenTaman Nasional Ujung Kulon adalah tujuan wisata utama di Banten. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di sini seperti trekking dan safari untuk melihat berbagai hewan yang dilestarikan.

 

2. Pantai Carita

tempat wisata banten pantai caritaPantai Carita adalah salah satu pantai paling terkenal di Banten. Pantai Carita menggabungkan pantai pasir putih kecoklatan sepanjang 3 kilometer dengan pohon-pohon khas di sekitar pantai. Pantai ini sangat cocok untuk liburan dan rekreasi dengan lokasi yang mudah diakses dari Jakarta.


Baca Juga : 9 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba yang Membuat Anda Bengong!


 

3. Masjid Agung Banten

masjid agung bantenMasjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552-1570, Dia adalah putra pertama Sunan Jati. Di masjid ini juga terdapat kompleks pemakaman Sultan Banten, di antaranya adalah makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya. Masjid Agung Banten terletak di desa Banten Lama, sekitar 10 kilometer sebelah utara kota Serang.

 

4. Pantai Anyer

pantai anyer tempat wisata bantenPantai Anyer hampir seperti pantai Kuta, Bali. Pantai ini benar-benar mempesona dengan pantai berpasir putih dan pemandangan gunung berapi Krakataunya. Pantai ini menghadap ke barat dengan pemandangan Krakatau dan matahari terbenam di sore hari. Pantai ini adalah tujuan populer di Banten, yang terletak di tepi Selat Sunda, Anyer, Serang.


Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Edukatif dan Keren Abis!


 

5. Cagar Alam Rawa Danau

cagar alam rawa danau bantenCagar Alam Rawa Danau adalah sebuah kawasan yang terletak di Serang sekitar seratus kilometer dari Jakarta. Total luas sekitar 2.500 hektar yang didominasi oleh rawa dan danau. Daerah tersebut ditutupi oleh berbagai pohon dan juga berbagai jenis binatang seperti ular dan buaya. Di sana juga lebih dari 250 jenis burung tinggal di tempat ini. Cagar Alam Rawa Danau Terletak di Kampung Bojong, Desa Kaduagung, Kabupaten Gunung Sari.

 

6. Pantai Sawarna

pantai sawarna tempat wisata bantenPantai Sawarna terkenal dengan pantai pasir putihnya yang indah dan salah satu tujuan wisata populer di Banten. Pantai ini sangat eksotis seperti surga.

 

7. Gua Langir Sawarna

gua langir sawarna bantenSawarna adalah salah satu tujuan wisata favorit di Banten. Di Sawarna ada sesuatu yang menarik untuk dikunjungi, yakni gua Langir Sawarna. Gua ini adalah gua batu stalagmit dan stalaktit. Gua ini bersebelahan dengan pantai Sawarna. Gua ini adalah salah satu gua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dan menjadi salah satu tujuan wisata di Banten.


Baca Juga : 5 Tempat wisata di Sabang Aceh Ini Harus Dikunjungi


 

8. Pantai Karang Bolong

pantai karang bolong pacitan bantenDiberi nama Pantai Karang Bolong dikarenakan pantai ini memiliki lubang atau Bolong di salah satu bebatuan Karang, yang diyakini telah ada selama letusan gunung berapi Krakatau pada tahun 1883. Batu itu sendiri merupakan objek wisata yang banyak difoto dan membentuk gerbang, menghadap ke pantai.

Dikarenakan pantai ini memiliki aliran air tawar, maka banyak orang memilih pantai ini untuk mandi setelah terlebih dahulu berenang di laut. Pantai Karang Bolong terletak sekitar 50 km dari Serang.

 

9. Pantai Labuan

wisata banten pantai labuanPantai Labuan adalah bagian yang sangat indah dari Banten, terdiri dari kerikil kecil dan banyak kerang yang menarik. Ada berbagai fasilitas pantai yang tersedia di sekitar Pantai Labuan, seperti wahana perahu karet yang menyenangkan. Banyak wisatawan datang ke Labuan setelah ke Carita atau Taman Nasional Ujung Kulon.

Nah itu dia beberapa diantaranya tempat wisata di banten yang bisa kami rangkum, jika Anda sudah ke Banten, jangan lewatkan tempat-tempat wisata di atas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *