Ini Dia 6 Tempat Wisata Palembang yang Sangat Potensial

November 6, 2018

Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera. Dulunya, kerajaan Sriwijaya Palembang terkenal karena keberadaannya, kerajaan Budha terbesar di Asia Tenggara. Seperti halnya pempek, Palembang juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lain di Sumatera.

Apa saja sih tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi oleh wisatawan? Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

 

6 Tempat Wisata di Palembang

 

1. Jembatan Ampera

tempat wisata palembang jembatan amperaJembatan Ampera adalah jembatan yang menjadi ikon dan simbol kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962, dan jembatan Ampera selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan penghubung Ampera, Ulu dan Ilir dipisahkan oleh Sungai Musi. Sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, ada pasar yang merupakan pusat suvenir dan makanan sehingga Anda dapat dengan mudah membeli suvenir dan mengisi perut.

 


Baca Juga : Sangat Mempesona! 5 Tempat wisata di Sabang Aceh Ini Harus Dikunjungi


 

2. Sungai Musi

tempat wisata di palembang sungai musiSungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang 750 KM. Sungai Musi Palembang membagi kota menjadi dua bagian dan pernah menjadi sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi ada beberapa temapt wisata, termasuk restoran terapung, desa-desa Arab, dan Kuto Besak. Sungai Musi adalah tempat yang tepat untuk wisata kuliner di kota Palembang.

 

3. Pulau Kemaro

wisata di palembang pulau kemaroPulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di pulau ini ada sebuah biara Kemaro yang banyak dikunjungi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di sini juga dapat ditemukan makam seorang putri Palembang. Sang putri memiliki cerita bahwa ia menikah dengan putra raja Cina dengan mahar dalam bentuk 9 guci emas, tetapi pada akhirnya pasangan itu melemparkan dirinya ke sungai dan tenggelam.

 


Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Edukatif dan Keren Abis!


 

4. Taman Hutan Punti Kayu

destinasi wisata palembang hutan punti kayuTaman Hutan Punti Kayu adalah tempat wisata di Palembang dalam bentuk hutan. Wisata hutan adalah satu-satunya di Palembang, tidak ada hutan wisata lainnya. Tempat wisata ini terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang. Taman Hutan Punti Kayu Forest adalah salah satu tempat wisata keluarga favorit di Palembang.

Kawasan inmi memiliki luas 50 hektar dan memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Taman ini juga dilengkapi oleh peternakan buaya dan kebun binatang. Selain berenang, bermain perahu, piknik, dan bermain di taman, Anda juga dapat melihat gajah dan menunggang kuda di sini. Hutan Taman Hutan pinus Punti Kayu adalah kota terbesar di Indonesia. Harga tiket masuk Taman Hutan Punti Kayu adalah Rp. 5.000 dan buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

 


Baca Juga : Keindahan Kota Jogja Di Malam Hari, Malioboro Selalu Bikin Rindu


 

5. Kuto Besak

tempat wisata di palembang kuto besakKuto Besak adalah sebuah kebanggaan di kota Palembang. Kuto ini berdiri kokoh dan menjadi saksi perjuangan melawan penjajah. Dari Kuto Besak, Anda bisa melihat banyak kapal layar di sungai Musi.

 

6. Taman Kambang Iwak (Bunga Ikan)

tempat wisata palembang kambang iwakTaman bunga ikan adalah peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, taman bunga ikan digunakan untuk rekreasi keluarga Belanda yang hidup di sekitar taman bunga ikan.

Saat ini, taman bunga ikan adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sangat disukai. Banyak orang jogging di taman, mengelilingi kolam dengan panjang lebih dari 800 meter. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, tempat ini juga memiliki banyak restoran yang cocok untuk anak-anak muda berkumpul.

Jika Anda sedang berada di Palembang, jangan lewatkan untuk berwisata ke tempat-tempat di atas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *