31 Tempat Wisata BANDUNG Rekomendasi Asyik Buat Liburan

Orang liburan umumnya akan mencari tempat wisata yang menarik dan asyik buat liburan. Nahh, Kali ini Lazuva.com akan membuat rekomendasi 31 Tempat Wisata Bandung buat liburan.

Sudah pasti jika kita ingin membuat rencana liburan, pasti akan mencari tempat-tempat wisata keren dan asyik. Nggak mau dong pasti liburan di tempat yang biasa-biasa saja? Pasti jadi nggak seru.

Kali ini rekomendasi yang Lazuva.com buat adalah tempat wisata di Bandung. Salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat ini memang mempunyai daya tarik tinggi untuk wisatawan. Selalu asyik berwisata ke sini menikmati berbagai wisatanya.

Ada berbagai macam wisata di Bandung, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata alamnya seakan tak pernah habis membius kita semua. Di jamin kamu nggak bakal kehabisan stok tempat wisata deh, saking banyaknya tempat asyik buat liburan di sini.

Itulah mengapa Bandung menjadi salah satu tempat favorit wisatawan di Indonesia. Letaknya yang cukup mudah terjangkau dari Jakarta, pasti akan menjadi tujuan utama warga Jakarta mencari tempat liburan. Rutenya juga mudah di jangkau, sekitar 2-3 jam dari kota Jakarta.

 

31 Tempat Wisata Bandung

Ingin liburan ke Bandung? Kami sudah mengumpulkan info tempat wisata Bandung buat kamu. Tempat-tempat ini asyik dan keren pastinya buat menghabiskan waktu liburan mu. Wisata apa yang kamu suka? Wisata berbau kuliner kah? Wisata alam? Atau kamu suka belanja?

Tempat wisata yang kami rangkum ini lokasinya menyebar di seluruh daerah Bandung. Langsung saja kita simak tempat-tempatnya di bawah ini.


Baca Juga : Harga Tarif Karst Tubing Sedayu, Menyusuri Sungai Yogyakarta


1. Kebun Teh Sukawana

tempat-wisata-bandung

sewavilla.org

Sukawana adalah salah satu perkebunan teh yang berada di Bandung, tepatnya di daerah Karyawangi, Parongpong, Lembang, Bandung. Wisata perkebunan teh ini memang tidak seluas perkebunan teh di Bandung lainnya. Tapi karena perkebunan teh Sukawana ini masih aktif produksi, tanaman tehnya masih terlihat hijau dan segar.

Di sekitar wisata ini pun ada banyak penginapan dan villa yang bisa di sewa untuk menginap. Bagi yang doyan berpetualang, ada juga paket hiking di sana.

 

2. Gunung Tangkuban Perahu

tempat-wisata-bandung

infopromodiskon.com

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu destinasi wisata di Bandung yang sangat memikat pesona alamnya. Ada beberapa kawah yang sangat menarik perhatian di sana, yaitu kawah Ratu, kawah Upas, kawah Domas, dan Cikahuripan.

Cikahuripan sendiri adalah sumber mata air yang di percaya memiliki khasiat tertentu. Letaknya agak di dalam hutan. Wisata gunung Tangkuban Perahu ini cocok untuk kamu yang suka wisata petualangan

 

3. Puncak Ciumbuleuit

tempat-wisata-bandung

@adeewoon

Biasa di kenal juga dengan sebutan Punclut, cocok dikunjungi ketika malam hari. Kamu akan melihat pemandangan yang tercipta dari banyaknya lampu memancarkan cahaya. Tidak hanya di malam hari, waktu siang pun tetap saja sangat memukau mata.

Ada beberapa tempat wisata juga di dekat Punclut ini, antara lain Tebing Keraton dan Bukit Moko. Di sekitar Puncak Ciumbuleuit ini juga banyak wisata kuliner dengan cita rasa masakan Sunda.

 

4. Curug Dago

tempat-wisata-bandung

@infobandungkota

Ada sejarah yang mengatakan bahwa Curug Dago, dulu kala adalah tempat persinggahan kerajaan Thailand. Ada bukti berupa prasasti batu tulis dari Raja Rama V (Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharamminthara).

Curug Dago ini merupakan salah satu tempat wisata Bandung yang menarik untuk di datangi. Berlokasi tepatnya di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, lokasinya sangat mudah untuk di jangkau.

 

5. Hutan Kota Babakan Siliwangi

tempat-wisata-bandung

rjsyahrulloh.blogspot.com

Tempat wisata Bandung satu ini tidak kalah apiknya dengan destinasi wisata lainnya. Hutan Kota yang diresmikan pada tahun 2011 ini berada di Jl. Siliwangi No 7, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Bandung, Jawa Barat.

Hutan Kota Babakan Siliwangi ini memiliki luas wilayah sekitar 3,8 Hektar, dan berada di pusat kota Bandung. Sudah pasti destinasi wisata ini sangat mudah di cari berkat lokasinya yang berada di jantung kota.

 

6. Situ Patenggang

tempat-wisata-bandung-ciwidey

@galery_ciwidey

Lokasinya berada di bawah kaki gunung Patuha, Patenggang, Rancabali, Bandung. Situ Patenggang merupakan danau yang memiliki pemandangan begitu indah. Perkebunan teh yang berada di sekeliling danau dan udara segar khas pegunungan, menjadikan kawasan Rancabali Ciwidey sebagai salah satu favorit wisatawan.

Berada di ketinggian 1.600 mdpl, di kawasan Situ Patenggang berdiri juga Pinisi Resto, sebuah restoran berbentuk seperti bahtera nabi Nuh, terletak di pinggir Situ Patenggang.


Baca Juga : Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunung Kidul Sangat Murah


7. Kampung Cai Ranca Upas

wisata-bandung

@qiswantshot

Destinasi wisata Bandung satu ini di kenal sebagai salah satu lokasi penangkaran Rusa di kawasan Ciwidey. Letaknya tidak begitu jauh dari wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Salah satu yang bikin asyik di sini adalah suasananya masih terasa seperti di tengah hutan. Udaranya pun terkadang dingin hingga menusuk tulang. Buat kamu yang ingin ke sini, jangan lupa memakai baju hangat atau jaket yaa.

 

8. The Lodge Maribaya

wisata-bandung

dagoholidaytour.blogspot.com

Tempat Wisata The Lodge Maribaya ini sudah sangat terkenal di Bandung, wahana di sini terkenal bisa memacu adrenalin. Lokasinya berada di jalan Maribaya Timur km 6, Kosambi, Cibodas, Lembang Bandung, Jawa Barat.

Di The Lodge Maribaya ini kamu bisa menjajal beberapa wahana, di antaranya berayun di atas awan (Sky Swing), bersepeda di atas awan (Sky Bike). Kamu juga bisa merasakan sensasi menginap di Glamping (Glamour Camping)

 

9. Taman Cikapayang

tempat-wisata-kota-bandung

kaskus.co.id thread barang.kali

Kamu mencari tempat wisata yang gampang di jangkau dan hemat budget? Mending ke sini aja, Taman Cikapayang. Ini adalah ruang publik yang menyediakan kursi dan terdapat aliran sungai Cikapayang.

Di sini kamu bisa bermain air, berendam kaki, atau duduk santai di kursi taman. Taman Sungai Cikapayang lokasinya tidak jauh dari Taman Dewi Kartika, lebih tepatnya di tepi jalan Merdeka.

 

10. Taman Cibeunying

tempat-liburan-bandungSelain Taman Cikapayang, ada lagi nih wisata lain yang menarik perhatian, yaitu Taman Cibeunying Bandung. Tempat wisata ini sering di gunakan sebagai arena kumpul berbagai komunitas di kota Bandung.

Wisata murah meriah ini berlokasi di jalan Taman Cibeunying Selatan, Cihapit, Bandung. Berbagai jajanan kuliner khas Bandung juga bisa dengan mudah kamu jumpai di tempat ini.

 

11. Upside Down World Bandung

wisata-bandung-up-side-world

@KAI121

Ini nih tempat wisata yang asyik banget buat foto-foto. Berbentuk seperti ruangan dalam rumah, tapi segala isinya seperti nampak terbalik, Unik sekali kan kalau selfie di sini?

Tidak susah kok untuk datang ke destinasi wisata Bandung satu ini, lokasinya berada di jalan H.Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, kota Bandung. Berapa biaya yang di butuhkan untuk masuk ke Upside Down World Bandung? Bagi anak-anak dikenakan tarif Rp50.000, untuk pengunjung dewasa Rp100.000 per orang.

 

 

12. Pesona Nirwana Waterpark

tempat-liburan-bandung-nirwana-waterpark

rinaedu.files.wordpress.com

Kamu cari tempat wisata Bandung yang cocok untuk keluarga? Berenang bersama keluarga, sangat cocok jika datang ke sini. Dengan biaya Rp40.000,- per orang kamu sudah bisa bermain air di Pesona Nirwana Waterpark ini. Lokasinya berada di kampung Legok Jeungjing, Desa Panyirapan, Soreang, Bandung.

Fasilitasnya pun cukup lengkap, ada kolam air arus, kolam renang untuk anak, kolam air hangat untuk relaksasi, ada juga luncuran air bagi yang mau wahana sedikit menantang.

 

 

13. Gedung Sate

tempat-wisata-gedung-sate-bandung

detik.com

Salah satu destinasi wisata yang sangat bersejarah di Paris  van Java, kini Gedung Sate ini berfungsi sebagai kantor Gubernur Jawa Barat. Gedung Sate dibangun tahun 1920, dan sekarang menjadi tempat wisata yang melegenda di kota Bandung.

Ada satu ciri khas dari bangunan ini, yaitu hiasan berbentuk tusuk sate di atas menara utama. Jumlah irisan daging sate sebanyak 6 buah merupakan simbol biaya pembangunan gedung ini, yaitu 6 gulden.

 

14. Musium Geologi

tempat-wisata-kota-bandung

http://uncleseronok.blogspot.com

Ini wisata yang bagus untuk edukasi. Musium Geologi Bandung berdiri pada tahun 1929. memiliki sekitar 250 ribu koleksi batuan dan mineral, ada juga koleksi sekitar 60 ribu fosil. Cocok untuk rekreasi anak-anak sekolah.

Salah satu museum di Bandung yang menyimpan berbagai benda purba ini tak pernah surut pengunjung dari waktu ke waktu.

 


Baca Juga : Menikmati Golden Sunrise Sikunir Dieng Plateau


15. Taman Pasupati (Taman Jomblo)

tempat-wisata-taman-pasupati

kerjaanrimba.wordpress.com

Taman Pasupati di kenal juga dengan sebutan Taman Jomblo. Kenapa? Karena tempat duduk di taman ini berbentuk kubus-kubus yang hanya bisa di duduki satu orang saja. Memang cocok banget buat jomblo ya guys? Iyaa nggak mblo? hehee

Di sediakan juga arena untuk bermain Skate Board loh, jadi nggak ngenes-ngenes amat lah kamu mblo, biar pun sendiri, masih bisa main Skate Board di sini dan mendapat teman-teman komunitas baru.

 

 

16. Kebun Binatang Bandung

destinasi-wisata-kota-bandung

change.org

Satu lagi tempat wisata kota Bandung yang bagus untuk edukasi maupun rekreasi keluarga. Kebun binatang Bandung berada di jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Di sini terdapat berbagai macam satwa dari seluruh Indonesia.

Harga tiket masuk Kebun binatang Bandung ini cukup terjangkau, hanya membutuhkan Rp20.000,- / orang, dan untuk pengunjung anak-anak di bawah 3 tahun tidak di kenakan biaya retribusi masuk tempat wisata ini.

 

 

17. Museum Konferensi Asia Afrika

tempat-wisata-bandung

asudomo.files.wordpress.com

Museum ini berada di jalan Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung. Di dalamnya terdapat koleksi-koleksi foto, lukisan, dan benda-benda bersejarah lainnya. Kamu yang ingin ke museum Konferensi Asia Afrika, tenang saja karena untuk masuk tidak di tarik biaya sedikitpun.

Pada masa kolonial Belanda, museum ini dikenal dengan nama Sociteit Concordia, dulu gedung ini berfungsi sebagai tempat hiburan, pertunjukan seni, dll.

 

 

18. Jalan Cihampelas

wisata-jalan-cihampelas-bandung

myeatandtravelstory.wordpress.com

Biasa disebut juga Cihampelas Walk, ada yang belum tahu tempat ini? Yang gemar belanja sekali-kali harus mengunjungi wisata ini nih. Jalan Cihampelas adalah pusat wisata belanja legendaris di Bandung.

Sekarang sepanjang jalan Cihampelas ini sudah di buat Skywalk Cihampelas, desain lantai bertingkat, dengan kios-kios di atas jalan. Jadi bagi pejalan kaki dan pengguna kendaraan tidak saling rebutan jalan. Kamu bisa menikmati beragam jajanan kuliner khas Bandung di sini.

 

19. Museum Sri Baduga

tempat-wisata-museum-sri-baduga

wwwpedulimuseum.blogspot.com

Berlokasi di jalan BKR nomor 185, Tegalega, Bandung, Jawa Barat. Museum Sri Baduga ini juga salah satu tempat wisata Bandung yang bisa untuk edukasi. Ada banyak benda yang tersimpan di sini. Seperti koleksi benda-benda geologi, biologika, sampai koleksi seni rupa yang tidak pantas kamu lewatkan.

Sebelum dijadikan museum, tempat ini adalah Kawedanan Tegalega. Kemudian pada 5 Juni 1980 di resmikan sebagai Museum Sri Baduga oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjabat saat itu, Bapak Daoed Joesoef.

 

20. Alun-Alun Bandung

tempat-wisata-alun-alun-bandung

bandungtempodulu.blogspot.com

Tempat ini telah disulap menjadi sangat menakjubkan, kalau kamu main ke Alun-Alun Bandung ini akan merasakan sedikit hawa-hawa eropa, karena desainnya yang sangat memukau. Dari bangunan masjidnya yang megah, hingga taman-taman di sekitarnya yang tak kalah indah.

Tempat wisata Bandung satu ini juga mengaplikasikan rumput sintetik, yaitu di area masjid. Bisa kamu gunakan untuk bersantai, ngobrol-ngobrol asyik.

 

 

21. Jalan Braga

Kawasan-jalan-Braga-Bandung

sebandung.com

Jalan Braga adalah salah satu destinasi wisata kota Bandung yang sangat instagrammable. Di tempat wisata ini kamu bisa melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Eropa. Memang kawasan ini masil tetap dipertahankan keaslian bangunannya.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Jalan Braga ini. Seperti menjajal jajanan kuliner, berfoto, nyantai sambil ngopi, atau bahkan ada juga wisata belanja.

 

 

22. Taman Gesit

taman gesit bandung jawa barat

kompas.com

Taman Gesit diperuntukkan untuk generasi muda yang ingin bergerak lebih aktif dan sehat. Ada beberapa permainan di taman ini, di antaranya monkey bar, incline board, ada juga spider web. Permainan-permainan tersebut memungkinkan tubuhmu untuk lebih aktif bergerak dan menjadikan mu lebih sehat dan gesit tentunya.

Tempat wisata satu ini berada di jalan Dipatiukur, Lebakgede, Coblong, Bandung. Kamu ingin punya badan yang gesit? Mending ke taman ini deh, gratis loh, alias tidak di pungut biaya buat masuk ke wisata ini.


Baca Juga : Mitos Mengerikan Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu


23. Cisangkuy

tempat wisata bandung pasar cisangkuy

wisatakopinikmat.blogspot.com

Ini dia tempat wisata kuliner Bandung. Mau tahu kuliner apa saja yang ada di kota Bandung? Jawabannya ada di jalan Cisangkuy, di sini ada banyak cafe, warung, dan restoran yang menjual menu-menu makanan murah dengan rasa yang lezat pastinya.

Ada juga cafe yang bernama Pasar Cisangkuy, di sana menyajikan banyak menu kuliner asli Bandung yang rasanya nikmat dan lezat.

 

 

24. Taman Vanda

wisata taman vanda

liburanjabar.blogspot.com

Buat kamu yang suka kelayapan pas malam, wisata Bandung satu ini sangat pas untuk di jajaki. Taman Vanda berlokasi di jl. Merdeka, kota Bandung, Jawa Barat.

Wisata ini adalah salah satu taman tematik di kota Bandung yang biasa di kunjungi warga dan wisatawan pada waktu malam hari. Sebab pada waktu malam suasana cahaya lampu dan air mancur akan terasa indah maksimal. Cocok nih buat ngobrol-ngobrol sama teman, atau bawa gebetan mu.

 

25. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

upakawis.wordpress.com

Satu lagi destinasi wisata sejarah yang ada di kota Bandung. Museum Mandala Wangsit Siliwangi menyimpan banyak benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat berperang melawan penjajah. Mulai dari senjata tradisional daerah seperti kujang, klewang, keris, dan lainnya, hingga senjata api ikut tersimpan di Museum ini.

Untuk masuk ke tempat wisata Bandung satu ini, sebenarnya kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Akan tetapi lebih bijaksana bila kamu tetap menyisihkan sedikit uang sebagai dana sukarela untuk perawatan Museum ini.

 

 

26. Kampoeng Tulip

kampoeng tulip wisata kota bandung

dwijayantiw.wordpress.com

Banyak sudut-sudut yang bagus untuk di foto, begitu pun untuk kamu yang doyan selfie. Tempat ini sangat kental dengan suasana negeri kincir angin. Karena memang bunga Tulip adalah ikon dari negara Belanda.

Untuk memaksimalkan fotomu, di Kampoeng Tulip ini juga di sediakan kostum pakaian tradisional Belanda. Wisata ini memang tak memiliki wilayah yang luas, tapi spot foto yang di sajikan sangat banyak dan variatif lho. Harga tiket masuk Kampoeng Tulip sangat terjangkau, hanya Rp6000,- untuk weekday, dan Rp9000,- untuk weekend.

 

 

27. Taman Super Hero

destinasi wisata taman super hero bandung

ridwanspektra.files.wordpress.com

Taman Super Hero ini cocok menjadi destinasi wisata ramah anak. Sore hari atau akhir pekan mungkin waktu yang pas untuk mengunjungi tempat wisata Bandung satu ini. Menghabiskan waktu dengan anak, cucu, keponakan, dan keluarga menjadi sangat nyaman di sini.

Meskipun Taman ini cocok untuk anak-anak, bukan berarti kalian yang sudah besar diharamkan ke sini lho. Silahkan datang ke sini, karena ada patung berbagai tokoh karakter di film kartun yang lucu juga untuk foto-foto.

 

28. Farmhouse Lembang

Destinasi Wisata Farmhouse Lembang

ayuraminda.blogspot.com

Ingin merasakan sensasi minum susu murni, berfoto di rumah hobbit, atau melihat arsitektur bangunan Eropa? Farmhouse Lembang, Bandung tempatnya. Di sini menyediakan susu murni dengan berbagai rasa, sereti rasa mocca, vanilla, chocolate, strawberry, dan banana.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Bandung ini, kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli tiket. Harga tiket masuk Farmhouse Lembang ini adalah Rp20.000,- per orangnya.

 

29. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

alampriangan.files.wordpress.com

Taman tematik yang mengusung tema lalu lintas ini adalah satu lagi tempat wisata Bandung yang bersifat edukatif. Selain berekreasi, kita juga dapat menambah pengetauan kita mengenai peraturan-peraturan lalu lintas, seperti rambu-rambu, cara berkendara yang benar, dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuk taman ini, kamu hanya perlu merogoh kantong sekitar Rp6000,- untuk weekday dan Rp7000,- untuk weekend. Sangat murah bukan?

 

 

30. Jalan Asia Afrika

agunkzscreamo.blogspot.com

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu lokasi yang bersejarah juga. Sekarang tempat ini sudah mengalami banyak perubahan dan peremajaan. Itulah sebabnya akhir-akhir ini banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengunjungi Jalan Asia Afrika ini.

Di sini kita dapat berjalan-jalan santai, berfoto-foto di berbagai sisi tempat, karena ada banyak spot yang sangat menarik di jadikan background foto.


Baca Juga : 7 Keistimewaan Yogyakarta yang Tidak Dimiliki Kota Lain di Indonesia


31. Gedung Merdeka

destinasi liburan bandung

flickr : yanuar dhana rosena

Gedung Merdeka masih terletak di Jalan Asia Afrika. Bangunan ini sangat bersejarah karena pada tahun 1955 di gunakan sebagai tempat di laksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia – Afrika.

Gedung Merdeka dibangun pada tahun 1926 lalu, di rancang oleh Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker. Kamu yang sudah sering ke kota Bandung, pasti tidak asing dengan gedung ini.

 

Jadi, kapan rencanamu liburan ke kota Bandung?

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *