Next Generation Gaming : Review Asus Zenfone Max Pro M2

Desember 22, 2018

Lazuva.com Di akhir tahun 2018 Asus kembali memperkenalkan varian perangkat mobile terbarunya. Ada 3 perangkat baru yang di rilis kali ini, dan ketiganya sama-sama membidik pasar gaming. Zenfone Max M2, Zenfone Max ProM2, dan ROG Phone menjadi senjata terbaru Asus untuk merajai mobile gaming market.

review zenfone max pro m2

Zenfone Max M2dan Zenfone Max Pro M2 punya slogan #NextGenerationGaming dan di peruntukkan bagi konsumen low-budget gaming. Sedangkan ROG Phone diberi slogan #UltimateGaming untuk konsumen high-end gaming.

Saat ini Asus memang sedang memokuskan perangkat mobilenya ke arah gaming market yang trennya terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini disampaikan oleh Muhammad Firman (Headof Public Relations Asus Indonesia) saat acara Asus Yogyakarta Blogger Gathering Next Generation Gaming(17/12/2018).

Review Asus Zenfone Max Pro M2

hasil foto asus zenfone max pro m2 indoor

Sebelum masuk kepembahasan fisik, spesifikasi, dan fitur fitur dari Asus Zenfone Max Pro M2,ada satu hal yang perlu di acungi jempol, untuk generasi M2 ini kelihatannya tidak akan ada hal goib-goib lagi. Tidak seperti pendahulunya, si Max Pro M1 yang di cap sebagai HP goib karena keberadaanya sulit di temui. Kali ini digenerasi Max pro M2 kelihatannya pihak Asus tak ingin hal itu terjadi lagi.

Fisik atau Bodi Zenfone Max Pro M2

asus zenfone max pro m2 next generation gaming

Sekarang kita masuk ke pembahasan bagian body dari smartphone ini. Baik bagian depan maupun belakang, nampak sangat berbeda dari pendahulunya. Bila pada Max Pro M1 bagian belakang masih menggunakan bahan metal, maka pada Max Pro M2 telah menggunakan bahan glossy yang lebih kekinian. Di bagian depannya pun sudah memakai layar yang berbentuk notch pada Max Pro M2.Untuk Anda yang tidak nyaman dengan kehadiran notch, tenang saja karena ada fitur untuk menyembunyikannya juga.

Meskipun dimensi layarnya 6,3 inch, tapi Zenfone Max Pro M2 ini terasa sangat kompak digenggaman, bahkan dimensi bodi keseluruhan smartphone ini masih lebih pendek dan lebih tipis dari pada Max pro M1, sekalipun memiliki kapasitas baterai 5000mAh.

Performa Zenfone Max Pro M2 Untuk Gaming

review zenfone max pro m2

Perangkat ini dibekali dengan dapur pacu yang sangat gahar untuk ukuran HP kelas menengah.Prosessor Qualcomm Snapdragon 660 octa core, GPU Qualcomm Adreno 512, dan RAM DDR4 (3,4,6). Membuat smartphone ini tak diragukan lagi performa gamingnya.

Bila untuk penggunaan normal harian, seperti browsing, cek sosial media, dan chatting, dan sebagainya, sudah dapat di pastikan aman, tidak akan ada gejala-gejala yang berarti dari sisi performa. Untuk gaming sekelas PUBG, HP ini sangat nyaman dimainkan dalam settingan medium. Jika di set ke high,tetap bisa di mainkan meskipun terasa agak memaksa.

Hal lain yang perlu di catat adalah, pada Zenfone Max pro M2 ini sudah tidak ada lagi kejadian multi touch bug yang dulu sempat di keluhkan pada Max Pro M1. Di sisi ini Asus telah melakukan perbaikan dan mendengar keluhan dari para konsumennya.

Kualitas Kamera Depan dan Belakang

Zenfone Max Pro M2 dibekali dengan dua kamera utama, 12 Mega piksel dengan aperture F1.8, dan 5 Mega Piksel lengkap dengan mode bokeh. Untuk kamera depan beresolusi 13 Mega Piksel di lengkapi juga flash agar memudahkan Anda ketika mengambil foto selfie di tempat yang kurang cahaya.

Untuk ukuran HPdikelasnya, sebenarnya nyaris tidak ada komplain mengenai hasil fotonya, baik menggunakan kamera depan maupun belakang. Dengan aplikasi kamera bawaan Snapdragon Camera, di tambah lagi smartphone besutan Asus ini sudah dilengkapi dengan AI Engine yang akan secara otomatis mengenali objek yang akan di foto.

Untuk perekaman video, Zenfone Max Pro M2 ini sudah dilengkapi fitur EIS (Electronic ImageStabilization) untuk hasil video yang lebih kebal terhadap goncangan. Meskipun beberapa kali didapati hasil video mengalami lag dan terlihat kurang halus.

Spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2 Lengkap

Setelah membaca review Asus Zenfone Max Pro M2 di atas, barang kali ada yang ingin mengetahui juga spesifikasi Zenfone Max Pro M2 ini secara detail, berikut ini Lazuva cantumkan spesifikasi lengkapnya :

spesifikasi asus zenfone max pro m2 1
Model ZenFone Max Pro M2 (ZB631KL)
Display, Resolution 6.3-inch Full HD+ (2280 x 1080) All-screen display LED Backlit IPS LCD, 450nits / 1500:1 contrast ratio / 94% NTSC color gamut / 90% screen-to-body ratio
SoC Processor CPU Powerful 14nm Qualcomm Snapdragon 660 Octa Core Processor
GPU Qualcomm® Adreno™ 512 GPU
Memory RAM / Storage LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM LPDDR4 6GB RAM, 64GB ROM Supports up to 2TB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)
Camera System Rear (main) Camera 12 MP Sony IMX486 with F1.8 wide aperture and PDAF
Rear (wide) Camera 5 MP for bokeh mode
Front camera 13MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash
Camera feature PixelMaster 4.0 camera mode: Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation AI Camera with 13 types AI Scene Detection
Wireless WLAN 802.11 a/b/g/n, 2.4HGHz with Wi-Fi Driect / Bluetooth 5.0 (with aptX)
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM. Data rate: DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support
GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.1 Oreo
Battery 5.000mAh capacity
Audio / Microphone 5-magnet speaker with NXP 9874 smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 157.9 X 75.5 X 8.5 mm / 175 grams
Color Midnight Blue, Cosmic Titanium

Mengambil Kesimpulan dari Review Zenfone Max Pro M2

bodi asus zenfone max pro

Ini adalah HPyang di ciptakan untuk kalian para penggila game mobile yang punya budget agak mepet. Karena jika kalian memang penggila gaming mobile dan punya budget tebal, ada Asus ROG Phone yang sangat menggoda untuk di pinang.

Meskipun diciptakan untuk memenuhi pasar gaming, Asus tidak mengabaikan sektor-sektor lain di HP ini, seperti kamera yang juga lumayan menjanjikan dan tidak mengecewakan. Daya tahan baterai yang sangat mantap, dan juga desain bodi yang terkesan lebih mewah dengan balutan glossy di cover belakangnya.

Bila di tanya apa kekurangan dari HP ini, mungkin jawabannya adalah fitur NFC yang belum ada, dan juga belum memakai USB type-C. Tapi bila fitur NFC di tambahkan, sudah pasti harganya akan di atas harga saat ini. Sementara untuk type-C, ini bisa dianggap sebagai keuntungan maupun kelemahan. Karena pada kenyataannya, saat ini masih sedikit orang yang memakai HP berUSB type-C, sehingga kadang membuat kita repot bila pergi tidak membawa charger atau kabel data sendiri.

Selain dua hal tersebut, saya rasa keseluruhan perangkat Asus Zenfone Max Pro M2 ini sangat layak untuk di miliki.

One Comment

Dompet Tipis Jangan Nangis, Ada Zenfone Max M2 HP Gaming Hemat Biaya

[…] Asus menghadirkan beberapa perangkat ponsel pintar teranyarnya pada akhir tahun 2018 lalu. Ada 3 perangkat yang bisa menemani Anda menghabiskan tahun 2019 atau bahkan bisa menjadi perangkat andalan untuk beberapa tahun ke depan. Salah satu dari 3 perangkat ini adalah Zenfone Max M2 yang sangat menggiurkan, baik dari sisi harga maupun performanya. Sementara dua perangkat lainnya adalah ROG Phone dan Zenfone Max Pro M2. […]

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *