Dompet Tipis Jangan Nangis, Ada Zenfone Max M2 HP Gaming Hemat Biaya

Januari 24, 2019

Asus menghadirkan beberapa perangkat ponsel pintar teranyarnya pada akhir tahun 2018 lalu. Ada 3 perangkat yang bisa menemani Anda menghabiskan tahun 2019 atau bahkan bisa menjadi perangkat andalan untuk beberapa tahun ke depan. Salah satu dari 3 perangkat ini adalah Zenfone Max M2 yang sangat menggiurkan, baik dari sisi harga maupun performanya. Sementara dua perangkat lainnya adalah ROG Phone dan Zenfone Max Pro M2.

asus zenfone max m2 next generation gaming

Asus Zenfone Max M2 adalah perangkat paling bersahabat untuk Anda yang punya budget mepet. Harga resmi dari pihak Asus adalah Rp 2.299.000 untuk varian 3GB/32GB, dan Rp 2.699.000 untuk varian 4GB/64GB. Harga yang lumayan menggiurkan, apa lagi setelah mengetahui kemampuan dari si Max M2 ini.

Bicara mengenai performa, Asus nampaknya begitu yakin dengan kemampuan Max M2nya ini, sebab ponsel ini turut di labeli dengan sebutan #NextGenerationGaming bersama dengan seri Max Pro M2. Ponsel ini dijanjikan mempunyai performa tangguh untuk melahap game-game masa kini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max M2

Impresi Pertama Saat Mencoba Asus Zenfone Max M2

spesifikasi zenfone max m2 next generation gaming

Asus mampu menjawab ekspektasi saya untuk standar HP di harga 2 jutaan dengan keluarnya seri Max M2 ini. Namun, masih ada beberapa hal yang mengganjal dibenak saya dan sedikit mengganggu. Hal apakah itu?

  1. Desain notch yang masih terlalu lebar, lebih lebar dari seri Max Pro M2, meskipun notch bisa di sembunyikan, namun tetap saja terasa mengganggu.
  2. Nama Zenfone Max M2, saya banyak menjumpai orang yang kebingungan dalam membedakan seri Zenfone Max M2 dan Max Pro M2, akibatnya seri Zenfone Max M2 sedikit tenggelam dalam bayang-bayang saudaranya, si Max Pro M2.

Itulah dua hal yang masih mengganggu bagi saya dari Zenfone Max M2 ini, apabila Anda punya pandangan berbeda tentang hal ini, tulis di kolom komentar yaa, mari kita diskusikan.

Selanjutnya kita bahas beberapa poin penting dari HP ini, beberapa diantaranya meliputi desain, performa, kamera, dan beberapa hal lain yang menarik perhatian saya terhadap Asus Zenfone Max M2 ini.

Seberapa Menarik Desain Bodinya?

Desain Zenfone Max M2 sekilas mirip dengan Zenfone Max Pro M1, berbahan metal di bagian belakang. Posisi kamera dan sensor sidik jari pun tak jauh berbeda. Namun sekarang Max M2 hadir dengan dimensi yang lebih ringkas dan tipis. Dengan dimensi 158.4 x 76.3 x 7.7 mm menjadikan HP ini lebih nyaman di genggam dan punya grip yang mantap.

Desain layar frameless yang menggunakan notch membuatnya memiliki screen to body ratio sangat besar, mencapai 80,9%. Tentu saja layar 19:9 berukuran 6,26 inch dengan resolusi HD+ (1520 x 720) menjadi sangat enak di genggam, saat bermain game dengan posisi landscape, maupun dalam pengoperasian posisi portrait.

Layak Kah Performanya Untuk Tahun 2019?

Di dalam body tipis ini, terbenam mesin yang cukup sangar untuk menopang kebutuhan sehari-hari, seperti saat dipakai browsing, cek sosial media, multitasking menggunakan banyak aplikasi, dan kebutuhan lainnya bahkan untuk bermain game. Game-game mobile kelas menengah terkini dapat dijalankan dengan nyaman di HP ini. Asus Zenfone Max M2 adalah HP pertama yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 632.

antutu benchmark zenfone max m2

SoC Qualcomm Snapdragon 632 menjanjikan kemampuan gaming yang menakjubkan dan penyaluran daya baterai yang hemat. Prossesor ini adalah pengembangan dari Snapdragon 625 yang sangat terkenal di kalangan mid end gaming karena performa mantap dan kehematan dayanya. Dengan teknologi core CPU Kryo 250 membuat SoC ini mempunyai performa 40% lebih powerfull dibandingkan seri Max sebelumnya. Dengan peningkatan performa ini, jadi makin mantap untuk gaming dan masih tetap hemat daya.

Jadi, dari segi performa dapur pacunya, HP ini sangat mumpuni untuk Anda gunakan di tahun 2019, bahkan hingga beberapa tahun ke depan. Bila Zenfone 3 yang memakai SoC Snapdragon 625 saja masih bisa eksis hingga saat ini, maka tak ada alasan untuk meragukan kinerja Max M2 dengan SoC baru ini.

Seberapa Tangguh Kameranya?

Meskipun Asus membidik pasar gaming untuk HP ini, tidak serta merta melupakan sektor kamera. Karena belum tentu yang suka game lalu tak suka foto-foto, kan? Atau juga sebaliknya. Asus tetap memberikan kualitas kamera terbaik di Zenfone Max M2 ini. Mengusung kamera ganda 13 MP dengan dukungan teknologi AI Scene Detection. AI ini mampu mendeteksi 13 jenis objek foto, sehingga akan memaksimalkan pengaturan kamera untuk objek tersebut. Sementara kamera kedua berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh yang cukup natural, meski masih ada detail yang kurang rapi.

Ini contoh hasil foto memakai mode bokeh dan mode normal :

Kamera depan juga sangat bisa diandalkan bagi penggemar selfie. Kamera berukuran 8 MP dengan bukaan f/2.0 mampu menghasilkan foto yang cukup jernih dan tajam dalam kondisi cahaya normal. Kamera depan Zenfone Max M2 ini juga punya viewing angle cukup lebar, 77,2 derajat bisa Anda pakai selfie tanpa bantuan tongsis.

Untuk fasilitas video recording, mendukung hingga 2160p di 30fps. Sebuah resolusi video yang lebih dari cukup untuk kita gunakan saat ini. Ada juga fitus EISnya lho alias Electronic Image Stabilization, fitur ini bisa membuat hasil video jadi lebih stabil tanpa banyak goyangan. Sudah sangat layak merekam video untuk asyik-asyikan bikin vlog.

Beberapa Hal Lain Yang Menarik Dibahas

Selain tiga bahasan di atas, banyak hal yang menarik untuk diulas dari Zenfone Max M2 ini. Dan mungkin beberapa hal ini menjadi aspek penting bagi banyak orang dalam mempertimbangakan HP yang ingin dibeli.

Seperti misalnya slot kartu yang tersedia di sebuah HP, sering kali ini menjadi hal yang sangat penting bagi banyak orang termasuk saya. Saya butuh HP yang memfasilitasi dua slot SIM, dan saya juga butuh memori penyimpanan yang besar. Sehingga saya lebih menghindari HP dengan jenis slot hybrid.

Bagi kalian yang punya pemikiran sama, maka Zenfone Max M2 ini adalah HP yang kalian cari. Asus Zenfone Max M2 punya 2 Slot Nano SIM, dan 1 Slot Micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB. Sangat lebih dari cukup untuk memori penyimpanan dalam sebuah HP.

Bila mengingat sejarah seri Zenfone Max dari generasi pertama selalu dicirikan punya kapasitas baterai Jumbo. Nah, pada generasi Max M2 ini ciri khas tersebut tetap di tonjolkan dengan baterai berkapasitas 4000mAh.

Hasil tes yang saya lakukan, dari jam 6 pagi hingga hingga jam 3 sore, baterai masih berada di angka 74% dari yang awalnya 100%. Penggunaan saya normal, relatif cukup sering cek sosmed, balas chat, browsing, download beberapa aplikasi dan kondisi tersambung penuh dengan wifi.

HP ini juga hadir dengan OS Stock Android 8.1 Oreo yang bersih tanpa bloatware membuatnya semakin ringan untuk nge-game. Dipastikan juga sebentar lagi akan mendapatkan update Android selanjutnya, zaitu Android Pie 9.0. Sudah tidak sabar rasanya ingin menikmati Android 9.0 yang kabarnya akan muncul dengan fitur-fitur baru berupa gesture yang menambah feel manja saat mengoperasikan HP. Apalagi di Asus Zenfone Max M2 ini.

Itu tadi kesan saya saat pertama kali mencoba Asus Zenfone Max M2, lalu bagaimana tanggapan Anda mengenai HP ini? Jangan ragu tulis di kolom komentar ya!

7 Comments

maschun

mantap ulasannya mengenai zenfone max m2 ini, udah harganya terjangkau, spesifikasinya juga mantap

Reply
Bill

Ahaa, its good discussion about this post at this place at this web
site, I have read all that, so at this time me also commenting here.
Greetings! Very useful advice within this post! It’s the little changes which will make the greatest changes.
Thanks a lot for sharing! I have been surfing on-line greater
than 3 hours nowadays, yet I by no means found any
attention-grabbing article like yours. It’s pretty worth sufficient for me.

In my opinion, if all web owners and bloggers made good content as you probably did,
the net will be a lot more helpful than ever before.

Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *