Universitas Negeri di Yogyakarta Terbaik Untuk Kuliahmu

Juli 22, 2020

 

Setelah lulus SMA sebagian besar siswa memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Sebagai kota pelajar, Yogyakarta memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas dan terpercaya. Kamu juga sebaiknya mengetahui daftar universitas negeri di Yogyakarta sebelum memutuskan tempat kuliah. 

Yogyakarta merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa baru. Suasana yang mendukung dan kualitas pendidikan yang terjamin, membuat Kamu bisa mendapatkan banyak ilmu disini. 

Setelah lulus, setiap siswa menginginkan berkuliah di tempat idaman masing masing sesuai dengan jurusan yang diinginkan. Universitas Negeri masih menjadi idaman banyak siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Berbagai alasan membuat banyak siswa yang berbondong bondong melakukan ujian untuk dapat masuk ke universitas negeri. Mulai dari biaya yang murah hingga peringkat universitas menjadi satu alasan yang paling sering terucap. 

Memang dibandingkan dengan universitas swasta, biaya pendidikan di universitas negeri lebih murah. Terdapat pula keringanan biaya pendidikan yang disesuaikan dengan pendapatan orang tua setiap bulannya. Selain itu, tidak ada biaya ujian yang dibebankan kepada mahasiswa menjelang pelaksanaan ujian. 

 

Universitas Negeri Terbaik di Yogyakarta

Kamu tertarik untuk menuntut ilmu di Yogyakarta dan hidup disana selama minimal 4 tahun?

Jika iya mulai sekarang Kamu sudah harus menentukan universitas apa yang akan Kamu tuju. 

Bagi Kamu yang masih ragu dan bimbang memilih universitas di Yogyakarta, berikut adalah daftar universitas di Yogyakarta beserta jurusannya 

 

 

1. Universitas Gadjah Mada

 

Saat berbicara tentang universitas negeri yang ada di Yogyakarta, maka Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi yang paling terkenal. 

Bagaimana tidak? UGM telah melahirkan banyak alumni hebat dan berpengaruh di negeri ini. 

Nama alumni UGM yang terkenal lainnya ialah Jokowi,Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan. Terlepas dari para alumni yang tersohor, UGM juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

UGM seringkali masuk ke dalam urutan 3 besar PTN terbaik di Indonesia dan tidak jarang menduduki peringkat pertama.  Memiliki puluhan jurusan dengan ratusan program studi, calon mahasiswa baru bisa mengikuti 3 seleksi untuk dapat masuk ke UGM. 

Seleksi tersebut diantaranya ialah seleksi berdasarkan nilai raport dari sekolah yakni jalur SNMPTN. Terdapat dua seleksi ujian tulis yang bisa Kamu lakukan yakni SBMPTN dan Ujian Tulis (Utul) UGM. Setiap tahunya,  puluhan ribu calon mahasiswa mengikuti ujian untuk dapat bergabung disini. 

 

 

2. Universitas Negeri Yogyakarta

universitas negeri di Yogyakarta UNY

Universitas selanjutnya yang memiliki kualitas pendidikan berkualitas ialah Universitas Negeri Yogyakarta(UNY). Dahulu, UNY bernama IKIP Yogyakarta merupakan institusi pendidikan dan berfokus pada jurusan keguruan. Pada tahun 1990, IKIP berubah menjadi universitas dan memiliki jurusan yang luas. 

 

Kini jurusan di UNY telah membuka berbagai fakultas dan prodi yang  sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Terdapat 7 Fakultas dengan 60  program studi dari berbagai bidang. Fakultas yang bisa Kamu pilih ialah Fakultas Bahasa dan Seni, Teknik, FMIPA, FE, FISIP dan Fakultas Ilmu Keolahragaan. 

Kampus ini juga memiliki program pascasarjana yang dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin mengambil gelar Magister. UNY terletak di daerah Colombo, bagi Kamu mahasiswa luar kota disini banyak kos kosan yang bisa dipilih sebagai tempat tinggal. 

 


Baca Juga:

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Jurusan Perhotelan di Bandung

5 Spot Wisata di Taman Sari Yogyakarta yang Harus Kamu Tahu


 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

 

UIN universitas negeri di Yogyakarta

Bagi Kamu yang ingin berkuliah di universitas negeri yang berprinsip pada ajaran agama Islam yang kuat, di Yogyakarta terdapat PTN yang sesuai. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan universitas yang berdiri mulai tahun 2004. 

Sebelumnya, UIN Sunan Kalijaga merupakan institut dan perlahan berubah statusnya menjadi universitas. Disini Kamu bisa memilih 41 program studi untuk kelas sarjana dari 8 fakultas yang ada. Fakultas di UIN memang banyak yang merupakan fakultas khusus keagamaan. 

Namun disini Kamu juga bisa memilih fakultas seperti di universitas lainnya seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Sains dan Teknologi. Universitas yang berada di Jalan Marsda Adisucipto ini juga membuka kelas untuk S2. 

 

 

4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta  

 

Universitas di Yogyakarta dan Fakultasnya memang cukup beragam dan membuat Kamu memiliki banyak pilihan. Hal ini dikarenakan terdapat universitas swasta yang dijadikan universitas negeri diantaranya ialah Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN). 

Pada tahun 2014 lalu, seluruh UPN dijadikan status negeri sehingga bisa dipilih oleh calon mahasiswa melalui tes SBMPTN. UPN memang terkenal sebagai salah satu universitas berkualitas dan memiliki cukup banyak prodi yang menarik. 

Di UPN Veteran Yogyakarta, terdapat  5 fakultas untuk jenjang sarjana yakni Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik Mineral, Fakultas Pertanian, FE dan FISIP.  Jika Kamu ingin berkuliah disini pilihlah kos kosan yang berada di daerah Condong Catur, Sleman. 

 

 

5. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta (STPN Yogyakarta) 

 

Selain universitas, Kamu juga bisa memilih akademi negeri di Yogyakarta yang memiliki kualitas tak kalah baik. Salah satunya ialah STPN Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1963. STPN tidak pernah sepi dari peminat yang ingin mendalami ilmu pertanahan dan agraria di Indonesia. 

Sebelumnya STPN merupakan akademi agraria dan kemudian pada tahun 1993 namanya berubah nama menjadi sekolah tinggi. Jurusan yang ada di kampus beralamat di Gamping ini adalah Pengukuran dan Pemetaan Kadastral untuk diploma satu. Sementara untuk jurusan pertanahan dirancang untuk program diploma 4. 

 

 

6. Politeknik Kesehatan Yogyakarta

 

POLTEKES universitas negeri di Yogyakarta

Bagi Kamu yang sudah yakin untuk mendalami ilmu kesehatan dan bersekolah ditempat terbaik, Poltekkes Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Sekolah ini berada di Jalan Tata Bumi dan sudah beroperasi sejak tahun 2001. Poltekkes kesehatan ini berada dibawah naungan Departemen Kesehatan RI. 

Terdapat 6 jurusan yang ada di Poltekkes yakni Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Keperawatan, Analisis Kesehatan, Keperawatan Gigi dan Kesehatan Lingkungan. Politeknik ini menerapkan sistem pembelajaran yang lebih banyak di lapangan untuk praktek dibandingkan teori. 

 

 

7. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

 

UPN universitas negeri di Jogja

Bagi Kamu yang memiliki kecintaan pada dunia seni, Kampus ISI ini memiliki berbagai jurusan yang menarik. Fakultas yang bisa dipilih ialah fakultas Seni Rekam, Seni Rupa dan Fakultas Pertunjukan. 

 

 

8. Politeknik ATK Yogyakarta

 

Politeknik ATK Universitas negeri di Yogyakarta

Berada dibawah naungan kementerian perindustrian, Politeknik ATK memiliki tiga program studi yang bisa dipilih. Diantaranya ialah Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik, Teknologi Pengolahan Kulit dan Teknologi Pengolahan Pr

oduk Kulit. 

 

 

9. Sekolah Tinggi Multi Media “ MMTC” Yogyakarta

 

MMTC universitas negeri di jogja

Dunia penyiaran semakin berkembang setiap waktunya, bagi Anda yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik maka pilihlah STMM MMTC ini. Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1985, sekolah ini berada di bawah kemenkominfo. 

Jurusan yang ada ialah Manajemen Produksi Pemberitaan, Manajemen Teknik Studio Produk dan Manajemen Produksi Siaran. Semua jurusan ini memiliki program D4 dan setara dengan S1. 

 


Baca Juga:

Peta Wisata Jogja Ukuran Besar! Kumpulan 100 wisata Jogja Terbaru

11 Tempat Makan Hits di Jogja Murah Selain Gudeg


 

 

10. Akademi Angkatan Udara

 

Akademi angkatan udara universitas negeri di Jogja

Bagi Kamu yang bercita cita menjadi TNI AU, maka pilihlah sekolah Akademi Angkatan Udara yang berdiri sejak tahun 1945 ini. Program studi yang ditawarkan ialah Teknik Aeronautika, Teknik elektronika dan Teknik Manajemen Industri. Lokasi sekolah ini berada di Maguwo Yogyakarta. 

Itulah beragam daftar universitas negeri di Yogyakarta beserta dengan sekolah tinggi negeri lainnya. Segera temukan universitas impianmu dan raih cita citamu.