6 Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu dan Bernutrisi

Juli 25, 2020
makanan kucing persia yang bagus untuk bulu

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kucing Persia memang kucing khusus yang bahkan untuk makanananya sendiri harus diperhatikan apakah sudah bagus untuk bulu dan kesehatannya atau belum. 

Karena itu untuk memilih makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu juga tidak boleh sembarangan. Semuanya harus diperhatikan dengan baik supaya nutrisi kucing juga terpenuhi dengan baik.

 

Tipe Makanan Untuk Kucing Persia

Untuk tipe makanan kucing Persia sendiri sebenarnya ada dua dan sama seperti makanan kucing lainnya, yaitu ada makanan kucing basah dan juga makanan kering. 

Kedua tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga pemilihannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Seperti makanan basah untuk kucing yang tidak bisa bertahan lama sehingga harus segera dihabiskan.

Selain itu makanan basah kucing juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan makanan kucing kering. Aroma dari makanan basah juga lebih menyengat, tapi justru itulah yang menarik perhatian kucing. 

Makanan kering juga tidak cocok untuk kucing yang masih kecil karena teksturnya terlalu kasar dan terkadang hanya cocok untuk dijadikan sebagai makanan camilan saja.

 

Makanan Kucing Persia yang Bagus Untuk Bulu

Setelah mengetahui ada tipe makanan kucing apa saja yang tersedia di pasaran, maka kali ini akan diberikan beberapa pilihan makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu. Beberapa pilihan makanan yang ada di bawah ini merupakan yang terbaik berdasarkan review makanan kucing.

 

1. Whiskas

 

makanan kucing persia yang bagus whiskas

Untuk makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu pertama adalah merk yang paling banyak ditemukan di pasaran, yakni whiskas. Nutrisi yang disediakan oleh makanan kucing yang satu ini sangat baik untuk pertumbuhan bulu kucing Persia peliharaan. 

Selain itu merk ini juga menyediakan banyak pilihan untuk ukurannya sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Proplan Adult dan Kitten

 

Proplan Adult dan Kitten makanan kucing persia

Apabila  ingin memiliki kucing Persia yang tidak hanya sehat tapi juga memiliki bulu yang bagus, maka makanan kucing proplan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Salah satu yang paling bagus untuk kesehatan bulu kucing Persia adalah pro plan derma plus karena cocok untuk kucing yang memiliki bulu panjang. Hal ini dikarenakan kandungan berbagai vitamin, omega 3&6, zink, serta fiber yang baik untuk memastikan bulu kucing tetap sehat, lebat dan juga halus.

 

3. Royal Canin

 

royal canin makanan kucing yang bagus untuk bulu

Salah satu yang terbaik dari royal canin adalah nutrisi yang ditawarkan dengan kandungan vitamin yang sangat lengkap di dalamnya. Bahkan review royal canin hair and skin mendapatkan nilai yang sempurna di antara para pecinta kucing. 

Variannya juga sangat lengkap dimulai dari ukuran sampai rasa yang ditawarkan, bahkan untuk pilihan usianya juga beragam.

 

4. Star Pro Feline

 

Star Pro Feline makanan kucing persia

Makanan yang satu ini tidak hanya terbukti bisa memperbaiki dan memperindah bulu kucing saja, tapi juga menggemukkan badan kucing. 

Selain itu makanan yang satu ini juga memiliki bentuk unik yakni donat sehingga bisa memancing nafsu makan kucing. Komposisi mineral yang terkandung di dalamnya dinilai sangat bagus untuk bulu kucing Persia.

 

5. Equlibrio

 

makanan kucing Equlibrio

Untuk makanan selanjutnya ada yang memang didesain khusus untuk mempercepat pertumbuhan kucing, dari mulai bulu sampai badannya. Makanan ini memiliki banyak variasi dimulai dari kucing kecil, kucing dewasa, bahkan sampai yang berbulu lebat sekalipun. 

 

Jadi pastikan untuk mendapatkan bulu yang bagus, maka pilihlah variasi makanan yang memang dikhususkan untuk merawat bulu kucing.

 

6. Me-O

 

Me-O makanan kucing persia

Terakhir ada me-o yang merupakan makanan kucing dengan kandungan mineral vitamin yang bisa menjaga kesehatan kucing terutama bulunya. 

Untuk makanan yang satu ini bisa diberikan sebagai makanan utama ataupun sebagai makanan selingan buat kucing. Karena tekstur dari makanan yang satu ini merupakan makanan kering jadi bisa disimpan dalam waktu yang lama.

 


Baca Juga:

Cara Merawat Kucing Anggora Hamil & Kucing Anggora Baru Lahir

Cara Menentukan Besaran Pompa untuk Aquarium yang Tepat


Nutrisi Untuk Mempercantik Bulu

Ada beberapa alasan mengapa makanan yang direkomendasikan diatas merupakan makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu diantaranya adalah nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Beberapa nutrisi yang dikenal sangat bagus untuk pertumbuhan bulu kucing harus diperhatikan ada di dalam makanan yang menjadi pilihan. Untuk itu ada baiknya mengetahui nutrisi apa saja yang cocok, diantaranya.

Vitamin dan Mineral

Saat membeli makanan kucing tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah vitamin yang terkandung di dalamnya. Ada dua vitamin yang sangat bagus untuk merawat keindahan bulu kucing yakni vitamin A, dan juga vitamin E karena keduanya sama-sama menjaga kesehatan kulit kucing. 

Begitupun dengan mineral yang terkandung di dalamnya, jadi pastikan semua nutrisi tersebut ada di dalam makanan yang menjadi pilihan.

Asam Lemak Omega 3&6

Kedua nutrisi ini juga harus ada dalam makanan kucing karena keduanya dianggap sebagai lemak esensial yang mampu untuk menjaga kulit dan keindahan bulu kucing. 

Omega 6 itu berperan untuk menjaga supaya kucing tidak rentan terhadap peradangan, sementara omega 3 berfungsi untuk menjaga keindahan bulu kucing.

 

Makanan yang Harus Dihindari Supaya Bulu Tetap Bagus

Selain memperhatikan nutrisi apa yang bagus untuk menjaga kesehatan bulu kucing, perhtikan juga beberapa makan yang harus dihindari. Karena takutnya dengan memberikan makanan ini kucing bisa menjadi sakit dan menyebabkan bulu menjadi kusam seperti tidak terawat. 

Adapun untuk makanan yang harus dihindari oleh kucing Persia diantaranya adalah.

Susu

Seperti yang diketahui bahwa kucing memang memiliki toleransi yang rendah terhadap luktosa yang ada di dalam susu, karenanya susu bisa menyebabkan diare. 

Apabila sudah terkena diare, maka kucing akan mengalami stress yang juga menyebabkan bulu kucing menjadi kotor dan juga bau sehingga tidak terlihat seperti diurus. Lalu perlahan bulu tersebut juga bisa menjadi rontok.

Cokelat dan Kacang

Jangan pernah memberikan olahan coklat apalagi cokelat yang di dalamnya menjadi kacang karena bisa menyebabkan alergi, peradangan, bahkan sampai gagal hati. 

Meskipun sudah banyak dijual dipasaran, ada baiknya untuk memasyikan bahwa cokelat ini memang dibuat khusus untuk kucing. Meskipun begitu ada baiknya untuk menghindari saja memberikan kedua hal tersebut supaya kucing tetap sehat.

Daging,Ikan, dan Telur Mentah

Ketiga bahan ini tidak masalah jika diberikan kepada kucing, tapi ada baiknya untuk diolah terlebih dahulu sebelumnya dan jangan pernah diberikan dalam kondisi mentah. 

Hal ini dikarenakan ketiga makanan ini apabila diberikan mentah bisa memberikan dampak yang bahaya. Sebab kalau mentah ketiga bahan ini bisa mengandung parasit yang bisa menyebabkan kucing radang dan bulu rontok.

 


Baca Juga:

9 Tanda Bahwa Kucing Menyayangi Kita dan Mengungkapkan Rasa Sayangnya

Ini Dia 3 Jenis Kaca yang Baik Untuk Aquarium


Anggur dan Kismis

Terakhir ada makanan yang sangat beracun apabila dikonsumsi oleh kucing karena bisa menyebabkan peradangan bahkan sampai gagal ginjal yang serius terhadap kucing. 

Jadi selain bisa berbahaya terhadap bulu kucing, pemberian dua bahan ini juga berbahaya pada kesehatan organ dalam kucing dan pastinya bisa timbul masalah yang lebih serius.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu sehingga keindahan bulu kucing Persia dapat tetap terjaga dan tidak mudah rontok. 

Untuk bisa mendapatkan semua makanan tersebut bisa membelinya di petshop dengan harga makanan kucing Persia yang dimiliki beragam. Sehingga bisa dipilih berdasarkan keinginan dan juga kebutuhan kucing.