Ampuh! 13 Cara Mengusir Tawon Vespa Affinis atau Tawon Ndas di Rumah

Juni 9, 2020
bahaya tawon ndas vespa affinis

Tawon vespa affinis atau tawon Ndas adalah jenis tawon berbahaya yang hidup di dataran rendah wilayah tropis dan subtropis Asia. Tawon jenis ini suka membangun sarang di berbagai lokasi seperti pohon, semak dan gedung. Nah, sekarang Lazuva akan membahas beberapa cara mengusir tawon Vespa Affinis atau tawon Ndas. 

Tapi sebelum membahas cara ampuh mengusir tawon Ndas, mungkin ada yang bertanya-tanya begini, “Kenapa tawon Ndas sering di takuti manusia?” atau “Apa sih bahayanya tawon Ndas bagi manusia? Oke, pertama-tama kita pahami dulu ya bahaya tawon Ndas atau Vespa Affinis bagi manusia.

Ini Bahaya Tawon Ndas atau Vespa Affinis

Sebelum membahas cara mengusir tawon Ndas di rumah, ada baiknya kamu memahami dulu bahaya apa saja yang mungkin timbul akibat sengatan tawon Ndas ini.

  • Sebaran Spesies

Tawon Ndas atau Vespa affinis oleh para ilmuan juga di sebut lesser banded hornet, sebutan itu muncul akibat ada lingkaran kuning di perutnya, sedangkan bagian tubuh lainnya berwarna hitam. Di Indonesia sendiri, sebutan yang sangat akrab untuk Vespa Affinis adalah Tawon Ndas. Vespa Affinis hidup di alam tropis dan subtropis Asia, tersebar dari Indonesia, Sri Lanka, Taiwan, Hong Kong, sampai Filipina. Ditemukan 11 subspesies dari tawon ini, di Indonesia ada Vespa affinis indosinensis dan Vespa affinis moluccana.

Dalam satu koloni tawon Ndas, biasanya ada ratu, pejantan, dan para pekerja. Ukuran Ratu Vespa Affinis 3 cm, pejantannya 2,6 cm dan para tawon pekerjanya rata-rata 2,2-2,5 cm. Sarang tawon Ndas biasanya menggantung di pohon, atau tak jarang di atap gedung. Besar sarangnya bervariasi, ada yang seukurang buah mangga, ada yang seukuran bola basket, bahkan ada yang lebih besar lagi. Tergantung jumlah koloninya dan lama sarang itu dihuni.

  • Kenapa Tawon Ndas menyerang Manusia? 

Bahaya tawon Ndas adalah ketika menyerang manusia. lalu kenapa mereka menyerang manusia?

Pada dasarnya, habitat mereka adalah di alam dataran rendah. Namun alam atau dalam hal ini pepohonan semakin berkurang di eksplorasi oleh manusia. Akibatnya Vespa Affinis tidak punya pilihan lain selain hidup didekat manusia. Akibatnya tawon Vespa membuat sarang di atap rumah-rumah dan hidup terlalu dekat dengan manusia.

Karena hal ini lah, interaksi antara tawon Ndas dan manusia semakin sering terjadi, risiko tersengat tawon Ndas pun semakin meningkat. Tentu akan sangat bila dalam jumlah yang banyak akan sangat bahaya sengatan tawon Ndas ini.

Apabila mereka merasa terusik atau terganggu, besar kemungkinan mereka akan langsung menyengat kepala manusia yang mengganggu tanpa ragu. Bila hanya satu tawon mungkin hanya berdampak benjol pada kepala, atau mungkin pingsan sementara. Tapi jika satu koloni yang menyerang yaa sudah, mati kamu. hehee…

Karena bahaya sengatan tawon Ndas atau Vespa Affinis akan bertambah berkali-kali lipat jika menyerang bersama-sama. Satu tawon yang menyengat saja bisa membuat kamu pingsan, apa lagi satu koloni yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. Potensi nyawa kamu melayang sangat besar. Bahkan jika sudah terlanjur marah, kemana pun kamu pergi akan terus dikejar oleh koloni tawon Ndas.

Betapa bahaya tawon Ndas dibuktikan oleh kejadian nyata di Klaten, 2019 silam. Dikutip dari Kompas.com, ada dua warga Klaten, Jawa Tengah yang tersengat Vespa Affinis atau tawon Ndas. Sempat dilarikan ke rumah sakit namun akhirnya tak tertolong.

Setelah tahu seberapa bahaya Vespa Affinis atau tawon Ndas, sekarang mari belajar cara mengusir tawon Vespa Affinis di sekitar rumah kita.

 

Oh iya, kamu tau nggak bedanya tawon dan lebah? Jangan diklik kalo gak pengen tau bedanya : Perbedaan Tawon dan Lebah, Apa Saja Ya Bedanya?

infografis cara mengusir tawon vespa affinis-jatimnet[dot]com

Infografis bahaya tawon Vespa Affinis dan Akibat Sengatannya. (Klik untuk melihat ukuran penuh).

Cara Mengusir Tawon Ndas atau Tawon Vespa Affinis

Tawon ini adalah salah satu jenis tawon yang paling ditakuti oleh manusia. Tawon Vespa Affinis diyakini sebagai yang paling ganas dan mematikan. Tawon ini ditakuti karena kemungkinan untuk menyerang manusia sangat besar.

Jika kamu mendapati sarang tawon ini didekat rumah dan khawatir akan diserang, cara-cara di bawah ini bisa membantu. Simak ulasannya di bawah ini:

 

1. Temukan Sarang

Periksa secara teliti sekitar rumah dan pekarangan untuk mencari sarang tawon ini. Semakin cepat kamu menemukan sarangnya semakin cepat pula penangannya. 

Kamu bisa mencegah sarang tawon ndas atau vespa affinis berkembang semakin besar dan bisa menghindari bahaya dengan lebih baik. 

Berikut lokasi sarang tawon vespa affinis:

  • Tumpukan kayu
  • Di bawah atap rumah atau di belakang daun jendela
  • Tergantung di cabang-cabang pohon
  • Semak-semak belukar
  • Batang pohon berlubang 
  • Di tanah, sarang tawon ini juga ada di tanah jadi hati-hati serta periksa halaman rumah kamu juga.

 

2. Panggil Pemadam Kebakaran

Jangan pernah mencoba mengusir tawon ini dari sarang sendirian. Hubungi pihak yang berwenang seperti damkar atau pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran memiliki cara mengusir tawon di atas rumah atau di lokasi lain dengan aman.

 

 

3. Gunakan Kapur Barus

Jika terlalu lama menunggu pemadam kebakaran kamu bisa menggunakan cara lain yaitu dengan kapur barus. Disarankan pakai kapur barus khusus mayat agar hasilnya efektif. Hancurkan kapur barus, balurkan pada kain, lalu gantung di dekat sarang.

 

 

4. Usir Tawon pada Waktu Senja atau Subuh

Lakukan pengusiran pada waktu senja atau subuh. Pada saat senja atau subuh adalah masa ketika tawon vespa affinis cenderung kurang aktif. Kenakan sarung tangan dan baju lengan panjang untuk menghindari sengatan.

 

 

5. Gunakan Insektisida

Semprot obat pembunuh tawon untuk membunuh seluruh sarang. Pastikan untuk membaca aturan pakainya sebelum digunakan. Saat menyemprot, pastikan kamu menjauh dari sarang dan tidak berada di bawahnya secara langsung. 

 

 

6. Gunakan Karung

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tawon ini adalah dengan memasukkan ke dalam karung. Tapi perlu diketahui cara ini bukanlah cara yang sederhana. Kamu tidak boleh melakukannya sendirian dan lebih baik meminta bantuan profesional.

 

Kamu perlu menyiapkan karung ukuran besar, gergaji, galah, dan baju yang safety. Siapkan peralatan-peralatan di atas dengan baik dan pastikan semua alat berfungsi sebagaimana mestinya agar proses pengusiran berjalan lancar.

 

7. Bakar Ban

Kamu juga bisa memanfaatkan ban bekas yang tak terpakai untuk mengusir tawon ini. Caranya cukup mudah yaitu kamu harus membakar ban lalu tempatkan ban yang dibakar di bawah sarang. Asap dan api yang dihasilkan efektif untuk mengusir tawon dari sarangnya. 

 

Jika sarang tawon sudah kosong kamu bisa menghancurkan sarangnya agar tawon tidak kembali membangun sarang. Ketika melakukan cara ini kamu perlu memperhatikan keamanan sekitar agar tidak terjadi kebakaran.

 

8. Pakai Larutan Cuka, Sabun, dan Gula

Cara ke delapan adalah gunakan larutan cuka, sabun, dan gula. Kamu memerlukan beberapa bahan yaitu cuka, sabun, dan gula. Campur semua bahan dan masukkan ke dalam ember berukuran besar. 

 

Aroma bahan-bahan di atas bisa menarik tawon keluar dari sarang dan hinggap pada ember berisi larutan. Tawon-tawon akan mati jika masuk ke dalam ember berisi larutan ini.

 

9. Gunakan Minuman Bersoda

Cara mengusir tawon Vespa Affinis selain menggunakan larutan cuka, sabun, dan gula kamu juga bisa menggunakan minuman bersoda. Aroma minuman bersoda ternyata disukai oleh tawon. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menjebak koloni tawon.

 

Kamu perlu menyiapkan minuman bersoda dan masukkan ke dalam wadah besar di dekat sarang. Tunggu beberapa saat dan tawon-tawon akan masuk ke dalam wadah lalu mati.

 

10. Gunakan Bawang Putih

Tawon adalah hewan yang tidak suka dengan bahan-bahan yang memiliki aroma menyengat, salah satunya adalah bawah putih. Bahan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir koloni tawon vespa affinis dari sarang. Cara yang harus dilakukan juga cukup mudah.

 

Siapkan bawah putih yang sudah dihaluskan atau gunakan bawang putih bubuk lalu taburkan bawah bubuk ini di sekitar sarang tawon. Aroma menyengat yang tersebar di sekitar sarang bisa mencegah tawon vespa affinis kembali ke dalam sarang.

 

11. Gunakan Bubuk Cabai dan Lada

Selain bawang putih kamu juga bisa menggunakan bahan lain yang memiliki aroma menyengat seperti cabai dan lada. Metode pengusirannya hampir sama dengan metode menggunakan bawah putih. Perbedaannya adalah kamu harus mencampurkan kedua bahan ini menjadi satu lalu taburkan.

 

Jika menggunakan cabai saja atau lada saja efeknya kurang jadi kamu harus mencampurkan kedua bahan ini. Setelah kedua bahan tercampur rata kamu bisa langsung menaburkannya ke sekitar sarang.

 

12. Segera Hancurkan Sarang yang Masih Kecil

Tawon-tawon ini adalah sejenis tawon yang hidup berkelompok dan untuk melihat seberapa banyak koloni yang ada di sarang bisa dilihat dari sarangnya. Semakin besar sarang yang dibangun semakin besar pula koloni tawon yang tinggal di dalamnya.

 

Kamu perlu menemukan sarang tawon vespa ini secepat mungkin. Dan apabila kamu menemukan sarang tawon yang masih kecil kamu bisa lebih mudah untuk menghancurkannya. Kemungkinan terkena serangan tawon ini juga lebih kecil jika sarangnya masih kecil.

 

13. Sewa Pengusir Hama

Jika kamu tidak ingin melakukan cara-cara ekstrim di atas kamu bisa menyewa jasa pengusir hama. Petugas pengusir hama bisa melakukan tugas mengusir tawon dengan baik seperti pemadam kebakaran. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menyewa pengusir hama.

 


Baca Juga:

Keistimewaan Cacing Sonari Yang Menjadikannya Dicari Banyak Orang

9 Tanda Bahwa Kucing Menyayangi Kita dan Mengungkapkan Rasa Sayangnya


Tips untuk Menghindari Tawon Affinis

cara mengusir tawon vespa affinis di rumah

Setelah tahu cara mengusir tawon Vespa Affinis atau tawon Ndas, kamu perlu tahu juga tips menghindari tawon Ndas di sekitar rumah.

Tawon-tawon ini sebenarnya memiliki habitat asli yaitu di hutan. Tapi karena penenangan hutan secara besar-besaran tawon-tawon ini jadi kehilangan tempat tinggal. Akibatnya mereka pindah ke daerah yang dihuni oleh manusia. 

Untuk mencegah tawon vespa affinis membangun sarang di sekitar rumah kamu bisa melakukan beberapa pencegahan. Berikut pencegahan-pencegahan yang bisa kamu lakukan:

  • Pastikan semua celah pintu dan jendela tertutup rapat
  • Periksa kusen jendela dan pastikan tidak ada lubang
  • Gunakan wadah sampah tertutup dan jauhkan dari pintu masuk
  • Buang ini sampah sebelum menaruhnya di tempat sampah
  • Jangan ganggu atau mendekati sarang
  • Jangan memakai pakaian yang cerah atau berbunga-bunga
  • Jangan gunakan produk kosmetik beraroma
  • Jangan melakukan gerakan tiba-tiba saat bertemu tawon vespa affinis
  • Cara menghindari serangan tawon adalah dengan mundur secepat mungkin. 

Selain itu kamu bisa berbaring menghadap ke bawah dan tutupi kepala dengan tangan atau menyelam ke sungai.

  • Jika tersengat, segera minta bantuan medis 
  • Hindari melakukan pengusiran tawon seorang diri.
  • Hubungi petugas profesional pengusir hama setempat untuk mengusir koloni tawon vespa affinis.

Itulah beberapa cara mengusir tawon vespa affinis yang disarankan. Semoga informasinya membantu.