10 Macam Lomba 17 Agustus Yang Hemat Biaya Tapi Menarik

Juni 4, 2020
lomba 17 agustus yang hemat biaya

Hampir semua warga negara Indonesia sangat bersemangat untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk merayakannya, banyak kelompok masyarakat yang menyelenggarakan lomba 17 Agustus yang hemat biaya. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi semarak dan kemeriahannya.

Tradisi tiap tahun ini rasanya tidak lengkap jika tidak ada perlombaan antar warga. Artikel ini akan memberikan rekomendasi buat kamu tentang ide lomba 17 Agustus yang murah namun tetap menarik. 

 

Ide Lomba 17 Agustus yang Hemat Biaya

Berikut adalah 10 lomba 17 Agustus murah meriah yang bisa kamu tiru untuk perayaan mendatang:

 

1. Lomba Otot Wajah Menggunakan Karet Gelang

 

Lomba satu ini merupakan salah satu lomba Agustusan yang paling hemat karena modal yang digunakan hanyalah karet gelang. Sebagai informasi, harga karet gelang seberat 1 kg hanya sekitar Rp. 21 ribu. Dengan membeli 1 kg karet gelang, kamu bisa mendapatkan ratusan karet yang bisa digunakan untuk lomba bertahun-tahun.

Cara memainkan lomba ini adalah dengan meletakkan karet gelang di atas hidung dan dilingkarkan ke belakang kepala dimana posisinya di bawah telinga. Saat aba-aba diberikan untuk memulai lomba, kamu harus menggerakkan otot wajah kamu supaya karet itu turun hingga ke leher.

Meskipun kamu mungkin akan merasa pegal di area wajah, hal ini terbayarkan saat penonton merasa terhibur. Selain itu, jika kamu berhasil menjadi yang pertama untuk menurunkan gelangnya, kamu akan didaulat sebagai juara.

 

2. Lomba Lari Pusing

 

Lomba satu ini bukan lah lomba lari yang biasa kamu temui karena semua peserta harus berputar di tempat sebelum berlari.  Biasanya kamu harus berputar 10 sampai 15 kali sebelum kamu meninggalkan garis start. Setelah berputar, kamu kemungkinan besar akan merasa pusing dan tidak sanggup berlari lurus.

Yang menarik lagi, lomba ini adalah salah satu lomba 17 Agustus termurah karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Untuk membuat garis pembatas antar peserta, kamu bisa menggunakan batu bata atau kapur yang ada di sekitar kamu. 

Uniknya lagi, lomba ini bisa mengundang tawa penonton akibat aksi terhuyung atau jatuh dari peserta yang pusing. Siapa yang paling cepat mencapai garis finish, dialah yang dinobatkan sebagai juaranya.

 

3. Lomba Memindahkan Biskuit Di Atas Wajah

 

Mirip dengan lomba otot wajah yang menggunakan karet gelang, lomba ini membutuhkan kelenturan otot wajah kamu. Alat yang digunakan sangat mudah dan murah yaitu kue kering atau biskuit. Kue ini akan diletakkan di dahi kamu, kemudian kamu harus menggerakkan otot wajah supaya kue itu bisa masuk ke dalam mulut.

Kamu harus melakukan hal ini dengan hati-hati supaya kuenya tidak jatuh ke tanah. Jika kuenya jatuh dan berhasil kamu tangkap, kamu bisa memulainya dari awal yaitu meletakkan kue di atas dahi lagi. Lidah kamu juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki posisi kue yang hampir jatuh.

Selain murah, lomba satu ini juga sangat lucu dan mampu membuat para penonton tertawa. Ekspresi yang kamu berikan saat memindahkan kue dan menjulurkan lidah kamu bisa menghibur siapapun yang melihat.  Selain itu, kamu juga bisa memakan kue yang berhasil kamu masukkan ke dalam mulut.

 

4. Lomba Estafet Air

 

Lomba Agustusan hemat biaya adalah jenis lomba berkelompok yang membutuhkan anggota sekitar 4-5 peserta. Peralatan yang dibutuhkan sangatlah murah yaitu baskom dan air. Air bisa didapatkan secara gratis, sedangkan baskom sudah pasti dimiliki oleh semua rumah tangga. 

Mekanisme perlombaan ini cukup mudah secara teori, dimana peserta harus duduk atau berdiri secara berbaris. Orang yang berbaris paling depan harus memindahkan air di dalam baskomnya ke baskom temannya yang di belakang. Saat mengoper air, peserta dilarang menoleh kebelakang.

Alhasil, jika kamu tidak tepat sasaran saat memindahkan air, kamu justru akan menyiram teman kamu yang di belakang. Hal ini tentu saja bisa mengundang gelak tawa semua orang yang menonton karena pesertanya basah kuyup. Pemenangnya adalah tim yang memiliki air terbanyak pada baskom anggota paling belakang.

 

5. Lomba Makan Kerupuk

 

Lomba satu ini merupakan lomba yang sangat wajib dilakukan untuk merayakan tanggal 17 Agustus. Selain sudah menjadi tradisi setiap tahun, lomba ini juga menghabiskan biaya yang murah karena bahannya hanya kerupuk dan tali. Lomba ini bisa diikuti oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang yang sudah tua.

Agar tidak monoton dan membosankan, beberapa orang melakukan variasi dalam lomba ini. Variasi ini misalnya menambahkan sambal pada kerupuk atau posisi kerupuk yang dibuat tinggi sehingga peserta harus melompat untuk memakan kerupuknya. Siapa yang paling cepat habis kerupuknya, dialah pemenangnya.

 

6. Lomba Balap Karung

 

Seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung juga merupakan salah satu lomba yang wajib dilakukan oleh warga. Selain menarik dan menyenangkan, lomba satu ini juga membutuhkan biaya yang tidak banyak dimana alat yang digunakan hanya karung. 

Saat ini sudah banyak ide tersebar untuk membuat lomba satu ini semakin lucu dan menarik. Salah satu ide barunya adalah lomba balap karung dimana pesertanya harus jongkok dan menggunakan helm. Banyak yang menyebut lomba ini sebagai lomba balap karung pinguin.

 

7. Lomba “Roket Manusia” Di Air

 

Salah satu lomba Agustusan yang paling murah ini bisa dilakukan di sungai atau empang yang dekat dengan rumah kamu. Para peserta akan berlomba untuk melompat dari dasar air hingga kepala mereka menyentuh batas yang sudah ditentukan. 

Menggunakan batas atas menjadi penting karena lebih mudah menentukan pemenang. Jika tidak menggunakan batas, maka akan sulit untuk mengukur siapa yang melompat paling tinggi.


Baca Juga:

11 Ide Lomba Agustusan yang Bermanfaat dan Edukatif

Tips Traveling Murah Ke Bandung Agar Dompet Kamu Tak Jebol


 

 

8. Lomba Lari Menggendong Istri

 

Lomba satu ini merupakan lomba berpasangan yang diikuti oleh pasangan suami istri. Lomba ini membutuhkan kekuatan para suami untuk menggendong istri mereka hingga garis finish. Lomba ini bisa menghibur dan mengundang gelak tawa para penonton saat si suami kewalahan mengangkat istri mereka. 

Tidak jarang juga pasangan-pasangan ini berganti peran karena para suami tidak sanggup mengangkat istri mereka.

 

9. Lomba Memecahkan Balon

 

Lomba ini merupakan lomba berpasangan yang pemenangnya ditentukan berdasar pada siapa yang paling cepat memecahkan balon. Balon ini akan diletakkan diantara dada atau perut peserta, sehingga mereka membutuhkan kerjasama dan kekompakan tim yang baik.

Lomba ini akan diiringi oleh musik, dimana saat musik dimainkan peserta harus berjoget tanpa menjatuhkan balonnya. Jika musik berhenti, para peserta harus berjuang memecahkan balon mereka.

 

10. Lomba Lari Egrang Bambu

 

Lomba perorangan satu ini adalah salah satu permainan tradisional yang patut untuk dilestarikan. Bahan utama yang digunakan adalah bambu yang dibentuk sedemikian rupa hingga memiliki pijakan untuk kedua kaki. Biasanya tinggi egrang dibuat lebih tinggi dari tubuh manusia yaitu sekitar 2 – 2,5 meter.

Lomba 17 Agustus hemat biaya ini membutuhkan keseimbangan kamu saat kamu berdiri dan berjalan menggunakan egrang. Kalau kamu berhasil sampai garis finish paling cepat diantara yang lain, maka kamu akan menjadi pemenangnya.

Sekian ulasan mengenai lomba 17 Agustus yang hemat biaya. Semoga daftar lomba di atas bisa memberikan inspirasi buat kamu untuk perayaan Hari Kemerdekaan mendatang.