Ingin Liburan Saat Sedang Puasa Ramadhan? Baca 5 Tips Berikut Ini!

April 26, 2019

Halo sahabat Lazuva, bulan ramadhan akan tiba sebentar lagi nih. Ingin tetap nyaman liburan saat sedang puasa ramadhan? Semak tipsnya berikut ini ya.

tips liburan saat puasa ramadhan

Liburan adalah kebutuhan semua orang, terutama bagi kita yang sehari-harinya padat akan aktifitas yang penuh tekanan dan menghabiskan banyak energi. Liburan menjadi salah satu cara untuk memulihkan energi kita. Nah, lalu bagaimana jika kita ingin liburan saat sedang puasa ramadhan?

Ya, sering kali saat ramadhan tiba, banyak dari kita yang mempunyai waktu luang lebih longgar dan bisa dimanfaatkan untuk liburan mengunjungi tempat-tempat wisata baru. Tempat-tempat wisata di sekitar daerah tempat tinggal mungkin kucup untuk menyegarkan pikiran.

Apakah di bulan puasa ramadhan besok kamu sudah memiliki rencana untuk mengunjungi tempat liburan tertentu? Kalau iya, cermati dulu tips liburan saat sedang puasa ramadhan dari lazuva dibawah ini!

1. Awali dengan Menyantap Makanan Bernutrisi dan Bergizi Tinggi Ketika Sahur

Sebagai orang yang menjalankan ibadah puasa tentu kita memerlukan cadangan energi yang cukup dari dini hari hingga sore saat waktu buka puasa tiba. Nah, energi tersebut salah satu sumber terbesarnya adalah dari makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sahur. Usahakan agar menkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi dan bergizi tinggi saat sahur. Makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan juga vitamin-vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Tambahkan juga segelas susu di menu sahurmu, sebagai pelengkap nutrisi untuk tubuhmu.

2. Pilihan Lokasi Wisata Indoor Lebih di Sarankan

Melakukan aktivitas di luar ruangan dengan sinar matahari yang cukup terik tentu saja akan sangat menguras energi dan tenggorokan kering. Agar tidak menyiksa diri sendiri, ada baiknya kamu memilih destinasi wisata yang berlokasi di dalam ruang atau indoor.

3. Jangan Ketinggalan Perlengkapan Ibadah

Meskipun kita akan pergi bersenang-senang, namun jangan melupakan juga tanggungjawab sebagai seorang muslim. Selalu bawa alat ibadah yang kamu perlukan. Karena belum tentu di tempat wisata yang kamu datangi akan dilengkapi dengan alat-alat ibadah yang kamu perlukan. Lagi pula pasti lebih nyaman beribadah dengan alat dan pakaian kita sendiri.

4. Batasi Destinasi Wisata yang Akan di Datangi

Jangan terlalu larut bersenang-senang liburan ya guys. Jangan menyia-nyiakan bulan ramadhan yang penuh berkah. Ketika sore hari datang, kamu harus berbuka puasa, sholat, dan malamnya melaksanakan sunnah tarawih. Jadi kamu perlu juga membatasi destinasi wisata mu.

5. Minimalisir Pengeluaran Tenaga yang Terlalu Banyak

Menghemat tenaga saat menjalankan ibadah puasa ramadhan sangat penting untuk dilakukan. Kamu tidak ingin tentu, pergi liburan dari pagi hingga sore, tenaga dan energi habis kemudian malamnya langsung tidur tanpa menjalankan ibadah sunnah tarawih. Tentu itu sangat merugikan bukan? Nah untuk itu jangan terlalu memforsir energi pada saat liburan yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *