Waduk Sermo Wisata Alam Kulon Progo, Siapa Kira Dulunya Bekas Tanah Kuburan

waduk-sermo-kulon-progo

Penampakan perahu dan bentangan indah waduk Sermo

Butuh Hiburan Mari Liburan – Waduk Sermo merupakan salah satu wisata alam di DIY yang sedang digandrungi wisatawan. Tempat wisata ini berada di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

 

Sedikit Sejarah Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Wisata Waduk Sermo ini di bangun pada masa pemerintahan presiden Soeharto, dan di resmikan pada tanggal 20 November 1996 silam. Waduk ini dibangun selama kurang lebih dua tahun delapan bulan dengan menghabiskan biaya sekitar 22 miliar rupiah. Angka yang cukup fantastis pada masa itu. Waduk ini mampu menampung air sekitar 21,9 juta meter kubik.

Waduk Sermo Kulon Progo ini memiliki beberapa fungsi penting sejak awal mula dibuat hingga sekarang. Tidak hanya sebagai tempat wisata, waduk ini juga memiliki tugas untuk menyuplai air PDAM dan mengalirkan irigasi ke lahan pertanian warga di sekitar waduk, terutama daerah Wates dan sekitarnya.

waduk-sermo-kulon-progo

Pemandangan Waduk Sermo dilihat dari Kalibiru, dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga asri, terlihat pula bukit menoreh.

Salah satu alasan wisata waduk Sermo Kulon progo ini masih eksis sampai hari ini adalah keindahan alam di sekitarnya. Waduk ini dikelilingi oleh bukit-bukit dan hutan yang masih terjaga asri dan alami. Semua itu menjadikan pemandangan di lingkungan wisata ini sangat elok di pandang, apalagi bila dipagi hari saat diselimuti kabut, atau sore saat matahari akan tenggelam.

Waduk Sermo Bekas Kuburan

Tapi siapa sangka, waduk Sermo yang elok dengan pemandangannya ini, dibawahnya terdapat bekas tanah kuburan. Menurut cerita salah satu driver perahu wisata, dulu sebelum tempat ini dibangun, di sini adalah sebuah permukiman warga, ada rumah-rumah penduduk, sekolah, dan juga tanah kuburan.

Ada lebih dari 100 kepala keluarga di transmigrasikan ke daerah Bengkulu dan Riau sebelum waduk Sermo di bangun, untuk kuburan, telah dilakukan evakuasi untuk dipindahkan. Selebihnya untuk bangunan-bangunan rumah, sekolahan dan lainnya telah tenggelam dibawah waduk Sermo.

Ada sebuah gundukan tanah di tengah-tengah waduk, kabarnya itu merupakan sebagian tanah bekas kuburan dulu. Apabila air waduk agak surut gundukan tanah ini akan nampak dengan jelas. Oleh warga gundukan itu diberi tanda dengan menancapkan sebatang bambu.

waduk-sermo-kulon-progo

Perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi waduk Sermo.

Tenang saja, bukan apa-apa, sebatang bambu itu di gunakan hanya untuk pertanda bila ada perahu yang melintas supaya menghindari dan tidak menabrak gundukan tanah tersebut. Dan kamu tidak perlu khawatir, tidak ada cerita mistis di sini. Ini hanya sedikit cerita tentang latar belakang wisata waduk Sermo ini.

Tidak ada yang menyeramkan kok, jadi kamu tetap bisa datang ke sini dengan hati yang tenang riang gembira. Siapkan kamera karena pasti kamu akan menyesal jika tidak bisa berfoto di sini. Tidak ada yang menyeramkan disini, yang ada adalah pemandangan air dan bukit yang indah.

Yang Bisa Kamu Nikmati di Sini

waduk-sermo-kulon-progo 3

Saluran pembuangan air waduk Sermo, nampak di bawah itu adalah sungai, berguna juga sebagai irigasi.

 

  • Obat Untuk Kepenatanmu

Udara perbukitan yang sejuk, pemandangan air serta hijaunya alam akan menghilangkan stres dalam pikiran mu. Kamu bisa menyewa perahu bila ingin menjelajahi luasnya waduk Sermo. Atau jika ingin bersantai, kamu bisa duduk di gazebo-gazebo yang sengaja di sediakan untuk para pengunjung.

Kamu juga bisa mengelilingi waduk menggunakan kendaraan mu sendiri, karena ada jalan aspal di pinggiran yang mengintari waduk. Jadi kamu bisa melihat setiap sudut-sudut dari waduk Sermo ini.

 

  • Tambah nge-Hits di Sosmed

Banyak sudut bagus yang bisa kamu abadikan, ada juga spot foto yang bisa bikin kamu capek selfie karena saking banyaknya. Kamu akan membawa pulang hasil-hasil foto yang WOW pastinya. Bisa dibuat foto profil baru, upload instagram, dan medsos lain yang kamu punya.

 

  • Bisa Menginap di Villa

Tidak hanya objek wisata waduk saja, di sekitar waduk Sermo sudah di sediakan villa yang bisa di sewa oleh pengunjung. Kamu bisa menginap disini sembari menikmati suasana tenang dan sejuk khas perbukitan Menoreh Kulon Progo.

 

  • Bumi Perkemahan Sermo

Banyak sekolah-sekolah yang membawa muridnya berkemah di Sermo ini. Selain fasilitasnya yang sudah memadai, tempatnya mudah dijangkau, juga suasananya yang masih alami.

 

  • Dekat Dengan Objek Wisata Lain

Jika kamu mengunjungi waduk Sermo, kamu bisa sekaligus mengunjungi beberapa lokasi wisata di sekitarnya. Diantaranya adalah Kalibiru, Puncak Dipowono, Bukit Pethu, dan banyak lagi objek wisata baru yang bermunculan. Jadi mengunjungi wisata Waduk Sermo Kulon Progo, tidak akan rugi waktu, karena dapat sekaligus berwisata ke objek-objek di sekitarnya.

Rute Jalan Menuju Waduk Sermo

waduk-sermo-kulon-progo

Keindahan waduk Sermo, terlihat bangunan di depan itu berfungsi sebagai pengaturan irigasi.

Untuk menuju ke wisata waduk Sermo Kulon Progo kamu bisa melewati rute jalan ini, dari alun-alun Wates ikuti jalan ke barat arah RSUD Wates. Dari RSUD Wates lurus sedikit lagi ke barat belok kanan, kira-kira 50 meter belok kiri, ikuti jalan tersebut sudah mengarah ke objek wisata Waduk Sermo. Lebih detail lagi cermati saja rute ke waduk Sermo lewat maps berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *