Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Windows Vista!

Akhirnya Microsoft mengucapkan selamat tinggal kepada Windows Vista, lebih dari 10 tahun setelah pertama kali melakukan debutnya. Dukungan untuk Vista berakhir 11 April kemarin, yang berarti pengguna harus pindah ke versi yang lebih baru dari Windows untuk tetap aman. Ini adalah akhir dari sebuah era untuk sebuah sistem operasi yang tiba terlambat untuk pasar dengan orang-orang kritis.

windows-vista

Windows Vista Salah Satu Produk Microsoft Yang Gagal

 

Nama kode Longhorn, dari awal Windows Vista harusnya untuk merevolusi Windows dengan sistem file dan antarmuka pengguna baru. Pengembangan Microsoft Longhorn berputar di luar kendali, dan perusahaan dipaksa untuk mengatur ulang rencana dan fokus pada pengiriman versi stabil Windows di tengah fase perkembangannya. Microsoft memiliki ide-ide yang ambisius untuk Vista di tahun-tahun menjelang rilis, termasuk sistem file Windows baru Future Storage (WinFS).

 

WinFS akhirnya dibatalkan, tapi Microsoft telah berusaha untuk mengubah sistem file Windows ke database raksasa yang bisa dicari dengan cepat, dengan set data terkait dan hubungan terkait antara file dipetakan oleh sistem. Itu adalah tugas besar yang akhirnya gagal untuk Vista, dan Microsoft akhirnya mengintegrasikan bagian dari WinFS ke dalam produk SQL Server nya.

 

Windows Vista juga memperkenalkan antarmuka pengguna Aero baru. Dikenal sebagai Windows Aero atau Aero Glass, itu memberi Windows Vista tampilan yang sama sekali baru. Sebuah sidebar disediakan guna akses cepat ke widget, dan menu Start tweak yang fokus pada cara baru untuk pencarian di dalam Windows Vista. Microsoft juga membangun fitur 3D flip yang akan membuat isi dari jendela dalam tampilan 3D. Ini dirancang untuk menjadi versi yang lebih baik dari alt Windows + tab.

 

Sebagian besar bagian grafis intens baru dari Windows Vista menyebabkan beberapa kritik dari sistem operasi. Hardware yang lebih tua tidak berkinerja baik dengan antarmuka pengguna baru ini, dan Microsoft memperkenalkan “Vista Ready” stiker pada PC yang tidak selalu mengartikan driver grafis siap digunakan untuk Aero Glass dengan baik. Windows Vista mulai mendapatkan reputasi sebagai resource hog, terutama pada laptop.

 

windows-vista

 

Microsoft akhirnya menanggapi banyak keluhan Windows Vista dengan semakin mendorong pemasaran guna meyakinkan konsumen bahwa Windows Vista tidak seburuk yang mereka dengar. Mojave Experiment menggambarkan Windows Vista sebagai fitur versi masa depan dari Windows, di mana peserta peringkat Vista lebih tinggi dari persepsi yang terbentuk sebelumnya mereka menuju ke percobaan. Ini adalah sedikit usaha yang dilakukan untuk membendung aliran keluhan negatif di sekitar Windows Vista.

Baca : Microsoft mengungkapkan Windows Phones Mana Yang akan Mendapatkan Creators Update

Meskipun mudah untuk menunjukkan kekurangan dari Windows Vista. Sebuah antarmuka pencarian baru memberikan fondasi yang kuat untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10, dan banyak dari perubahan menu Start dan pilihan desain yang masih ada di Windows 10 hari ini. Microsoft memiliki ambisi yang jauh lebih besar dengan Vista yang gagal, tapi lebih penting tentu mendorong Windows maju dalam desain, fungsi, dan keamanan.

 

Sayangnya untuk Windows Vista, tiba pada saat-saat kurang baik bagi Microsoft. Microsoft telah menjadi sombong dan terobsesi dengan menjaga monopoli Windows-nya. Sementara Apple sedang membangun antarmuka sentuhan baru untuk iPhone, Steve Ballmer membuat kesalahan dan menghabiskan uang dalam jumlah besar mempromosikannya dengan permainan gila dan kampanye pemasaran lainnya.

 

Windows Vista benar-benar memperlihatkan salah langkah Microsoft di Windows dan seperti apa budaya internal perusahaan. Dengan Satya Nadella sekarang yang mengemudikan Microsoft, ada banyak tanda-tanda bahwa raksasa perangkat lunak telah menyadari kesalahan-kesalahannya dan sekarang mendengarkan pelanggan dan tweaking Windows 10 sehingga itu terus menjadi lebih baik. Windows Vista mungkin telah membantu mengatur dasar untuk Windows modern yang sekarang orang nikmati, tetapi akan selamanya dikenang sebagai kegagalan seperti Windows ME dan Windows 8.

 

Jadi, ucapkan selamat tinggal pada Windows Vista.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *