Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo Gunung Kidul

tiket-masuk-pantai-wediombo

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo | Pantai ini adalah salah satu obyek wisata yang digemari wisatawan dari sekian banyak obyek wisata di kabupaten Gunung Kidul. Pantai Wediombo ini terdiri dari batuan-batuan karang, pasir putih dan dikelilingi oleh berbukitan.

Nama pantai Wediombo bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Wedi berarti pasir dan Ombo berarti luas. Jadi pantai Wediombo dapat diartikan sebagai pantai yang memiliki hamparan pasir yang luas. Namun jangan bayangkan kamu akan menemukan hamparan pasir pantai yang benar-benar luas seperti namanya.

Apabila dibandingkan pantai-pantai lain di Yogyakarta seperti pantai Parangtritis dan pantai Glagah, maka hamparan pasir di pantai Wediombo ini tergolong tidak begitu luas. Kawasan pantai Wediombo ini banyak diduduki oleh bongkahan batu-batuan karang. Inilah salah satu hal yang menyebabkan hamparan pasirnya tidak begitu luas. Namun jangan khawatir, karena justru dengan adanya batuan karang tersebut pantai Wediombo menjadi terlihat keindahan dan kealamiahannya.


Baca Juga : Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo, Terkenal Sampai Luar Negeri


Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Wediombo

tiket-masuk-pantai-wediombo
  • Berenang di Laguna

Sebelum membahas harga tiket masuk ke pantai Wediombo, sebaiknya kita bahas dulu mengenai keindahan-keindahan yang akan didapatkan di pantai Wediombo ini. Salah satunya, kamu bisa menikmati kolam renang alami, tentu saja isinya adalah air laut.

Kolam renang alami ini berada di pinggiran pantai Wediombo, di pisahkan dengan batu karang. Tidak banyak yang mengetahui dari deretan batuan karang di pantai ini, terdapat sebuah cekungan yang menyerupai laguna kecil. Sensasi Cipratan-cipratan ombak akan kamu rasakan bila berenang di laguna ini.

  • Surfing, Snorkeling, Camping di Pantai Wediombo

Pastikan kamu tidak rugi membeli tiket masuk pantai Wediombo. Selain menikmati Laguna, kamu juga bisa melakukan aktivitas Surfing, Snorkeling, dan bahkan camping di sini. Apabila kamu belum pernah melakukan Surfing dan ingin mencoba pengalaman itu, kamu bisa menghubungi kawasan-kawasan Wediombo Surfing Society (WOSS). Kamu bisa mengikuti kelas singkat Surfing selama 1,5 jam dan akan diajarkan dasar-dasar teori Surfing sekaligus prakteknya.

Apabila kamu ingin memjajal Snorkeling, Wediombo menyediakan dua pilihan lokasi snorkeling. Lokasi pertama terdapat di sekitar pantai yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki. Lokasi yang lainnya berada agak jauh dari bibir pantai. Untuk menuju lokasi yang kedua ini kamu harus naik kapal untuk sedikit ke tengah laut. Di Wediombo sudah disediakan sewa peralatan untuk snorkeling, jadi kamu tak perlu repot membawanya dari rumah.

Lokasi pantai yang terbentang cukup luas juga memberi pilihan yang menarik sebagai tempat camping. Kamu bisa memilih sudut-sudut yang bagus untuk mendirikan tenda. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar garis pantai akan membantu melindungimu dari teriknya sinar matahari. Tenda bisa kamu bawa sendiri dari rumah, atau menyewa di sekitar pantai Wediombo ini.


Baca Juga : Waduk Sermo Wisata Alam Kulon Progo, Siapa Kira Dulunya Bekas Tanah Kuburan


Lokasi dan Rute menuju Pantai Wediombo

Dibandingkan beberapa pantai lain di Gunung Kidul, seperti pantai Baron, Krakal, Drini dll, lokasi pantai Wediombo ini termasuk paling jauh apabila diakses dari kota Jogja. Lokasi pantai Wediombo sendiri berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Sekitar 2,5 – 3 jam dari kota Jogja.

Rute menuju pantai Wediombo tidak berbeda jauh dari pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Dari kota Jogja, kamu bisa melewati rute puncak patuk, kemudian menuju arah kota Wonosari, setelah pasar wonosari ada pertigaan, maka kamu ambil rute ke arah kanan. Lurus saja sekitar 10 km akan menemukan pertigaan lagi menuju ke arah pantai Pulang Syawal (Indrayanti) dan Wediombo. Dari pertigaan tersebut rute perjalanan masih sekitar 15 km lagi menuju pantai Wediombo. Tenang saja, sudah banyak petunjuk arah di jalan, jadi kamu tak akan tersesat. Jika kamu ragu, kamu bisa bertanya rute pantai Wediombo kepada warga di sekitar jalan, mereka akan senang hati menunjukkan arah.

 

Harga Tiket Masuk dan Biaya yang Dibutuhkan di Pantai Wediombo

Tidak perlu khawatir harga tiket masuk pantai Wediombo ini tidak membuat kantong jebol kok, berikut ini daftar harga tiket dan biaya lain yang kamu perlukan :

Tiket masuk : Rp 5.000
Parkir Motor : Rp 2.000; menginap : Rp 5.000
Parkir Mobil : Rp 5.000; menginap : Rp 10.000
Sewa motor trail : Rp 100.000
Sewa payung : Rp 15.000
Sewa tenda : Rp 35.000 (kapasitas 4 orang)
Surfing : Rp 100.000 (surf board, pemandu, foto)
Snorkeling : Rp 30.000 (lokasi di area pantai); Rp 80.000 (lokasi tengah laut)

Itu tadi harga tiket masuk menuju pantai Wediombo beserta biaya-biaya lain yang kamu butuhkan. Kapan agendamu ke sini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *