Rumor: Intel Akan Luncurkan Coffee Lake, Basin Falls Sebelumnya Daripada Diharapkan

Selama enam minggu terakhir, CPU AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7 telah membuat kehidupan Intel menjadi agak sulit. Jajaran desktop Chipzilla dikabarkan telah memakai chip baru AMD, yang menawarkan jumlah core yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dalam berbagai tugasnya, dan yang pasti dengan biaya yang lebih minim pula.

intel-logo

Intel, tentu saja, tidak akan pernah menganggap ini sebagai lelucon semata – dan rumor terbaru mengatakan perusahaan tersebut akan mempercepat peluncuran CPU Skylake-X dan Kaby Lake-X-nya, mereka berencana mengungkap produk terbaruya tersebut di gelaran Computex 2017 pada tanggal 30 Mei sampai 3 Juni 2017. Itu berarti lebih cepat 2 bulan dari timeline mereka sebelumnya. Dan Intel kabarnya lebih memilih meluncurkan CoffeeLake pada bulan Agustus ini daripada menunggu sampai Januari 2018.

Ada sejumlah rumor mengenai jadwal produk Intel yang bergeser, namun apakah rumor-rumor tersebut benar adanya atau tidak? Mendefinisikan beberapa istilah mungkin sangat membantu.

Skylake-X

Skylake-X adalah update CPU ‘normal’ yang diharapkan meluncur sebagai bagian dari siklus refresh HEDT (High End Desktop). Chip HAPT 6xxx saat ini dibangun di Broadwell dan mendukung chipset X99 yang lebih tua, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Skylake-X diperkirakan tersedia dalam 6, 8, dan 10 core.

Kaby Lake-X

Kaby Lake-X sepertinya agak tidak jelas. Ada rumor mengatakan ini adalah CPU empat inti + grafis terintegrasi yang mampu berjalan di platform X299. Sebenarnya wajar bagi Intel untuk menawarkan jumlah inti yang lebih rendah dikarenakan tumpukan produk HEDT, ini akan menjadi pertama kalinya Chipzilla menawarkan quad-core dengan grafis dan pertama kali ia membagi jajaran HEDT dengan dua core yang berbeda. Bagaimana Kaby Lake-X akan membedakan dirinya dari varian X270 itu belum diketahui.

basin-falls

Image : Benchlife

Baca : Benarkah akan Ada 11 Varian Warna Xiaomi Mi 6 di Pasaran?

Basin Falls

Basin Falls adalah codename untuk chipset X299 baru dan prosesor Skylake-X dan Kaby Lake-X yang berbasis padanya.

Coffee Lake

Coffee Lake adalah penyempurnaan proses 14nm + Intel (14nm ++). Diharapkan mampuu memberikan perbaikan kinerja marjinal, mungkin serupa dengan yang diperoleh Intel dari Kaby Lake. Praktis, ini sepertinya menunjukkan beberapa persen peningkatan clock speed. Dikabarkan chip Intel Coffee Lake akan mencakup lebih banyak core, memberi perusahaan enam core desktop untuk pertama kalinya.

Benar ataukah hanya mengada-ada rumor tersebut? Kita akan segera tahu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *