Penjelasan Mengenai CPU, GPU, dan APU, Apa Bedanya?

Bagi yang sering bersinggungan dengan komputer tapi bingung mengenai istilah CPU, GPU, dan APU. Nah, sesuai judulnnya artikel ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai CPU, GPU, dan APU. Seperti apa pengertian dan fungsi dari masing-masing benda tersebut? Dan apa yang membedakan ketiga hal tersebut? Simak saja kelanjutan ceritanya berikut ini.

 

CPU (Central Processing Unit)

Namanya saja Central Processing Unit, secara mudah bisa diartikan sebagai unit pusat pemprosesan pada sebuah komputer. Komponen ini lebih sering disebut dengan nama Processor. Mungkin kamu lebih familiar dengan istilah Processor ini dari pada CPU. Banyak orang juga mengibaratkan CPU ini sebagai otak dari komputer.processor (CPU)

Cepat lambatnya kinerja komputer sangat di pengaruhi oleh komponen yang satu ini, meskipun komponen lainnya seperti RAM, VGA, dan lainnya juga memiliki peran sangat penting. Tapi dalam Processor lah semua input data dan perintah di proses untuk kemudian di jalankan. Biasanya orang-orang yang menggunakan komputer untuk Gaming dan Rendering akan membutuhkan spesifikasi Processor yang tinggi.

Sejak beberapa tahun yang lalu sampai sekarang, hanya ada dua produsen Processor komputer yang sangat berpengaruh di Dunia. 2 Perusahaan itu adalah Intel dan AMD. Keduanya saling berkompetisi untuk memenangkan pasar dunia. Yang terbaru AMD baru saja mengeluarkan Processor terbarunya yang di beri sebutan Ryzen. Proceessor Ryzen ini terdiri dari Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7. Sementara Intel baru saja merilis Processor generasi terbarunya, dengan julukan Coffee Lake. Generasi ke 8 Intel ini di tujukan untuk menandingi Processor Ryzen dari AMD. Terbukti dengan peningkatan jumlah Core di setiap serinya, i3, i5, dan i7.

 

GPU (Graphics Processing Unit)

Agak sedikit mirip dengan CPU, namun GPU lebih menekankan pada pemprosesan grafis pada komputer. Yaitu apa yang tampil pada layar komputer kamu semua, selain itu juga berguna saat editing grafis maupun video serta gaming. Gaming user sering kali menganggap benda ini sangat penting untuk ditanamkan dalam PC-nya. Alasannya adalah untuk meningkatkan FPS (Frame Rate per Second) pada saat mereka memainkan game. Umumnya para Gamers mengejar FPS tinggi untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang memuaskan.VGA card

Sama seperti CPU, GPU juga memerlukan sebuah memori untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Memori pada GPU sering disebut dengan VRAM (Video Random Access Memory). Fungsinya yaitu sebagai tampungan sementara data yang akan di proses oleh GPU. Semakin besar VRAM makin besar pula kemampuan untuk menampung data. Tetapi jangan salah, semakin besarnya VRAM tidak selalu berarti kemampuan pemprosesan grafisnya semakin bagus. Pemasangan VRAM berada dekat dengan GPU dan dalam satu rangkaian, yang kemudian sering disebut VGA (Video Graphics Accelerator).

Jenis dari VGA pun tidak hanya satu macam, ada VGA add Ons, dedicated VGA, VGA eksternal. Untuk mendapatkan performa yang tinggi umumnya pilihan ada pada VGA eksternal. Saat ini ada dua perusahaan besar yang menguasai pasar GPU di dunia, yaitu Nvidia dan AMD.

 

APU (Accelerated Processing Unit)

Accelerated Processing Unit adalah istilah yang dipopulerkan oleh AMD. APU adalah istilah untuk produk processor AMD yang sudah membenamkan GPU dalam processor tersebut. Ya, dalam processor ini sudah ada GPU terdedikasi. Performa dari processor APU ini terbilang cukup tangguh untuk penggunaan ringan hingga sedang. Sedangkan untuk kamu yang membutuhkan performa grafis tinggi, mungkin baiknya tidak terlalu mengandalkan processor berteknologi APU ini.

Meskipun sudah terdedikasi dalam processor, namun GPU tetap membutuhkan memori untuk menyimpan data sementara. Maka dari itu memori akan diambil dari RAM komputer. Jadi jangan heran apabila RAM mu 4 GB tetapi hanya bisa digunakan 3 GB atau 2 GB saja. Itu karena beberapa telah diambil alih oleh GPU untuk menjalankan fungsinya sebagai pengolah grafis.

Penjelasan tentang APU bisa kamu cermati melalui gambar berikut ini. penjelasan APU

Itu sedikit penjelasan mengenai CPU, GPU, dan APU. Semoga saja kamu yang sebelumnya tidak terlalu mengerti, setelah membaca artikel ini menjadi lebih paham mengenai tiga hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *