Hutan Mangrove Kulon Progo yang Lagi Hits! Rute Jalan, Foto, Harga Tiket Masuk

Main ke Hutan Mangrove Kulon Progo Biar Makin Hits!

Kenapa ke Hutan Mangrove Kulon Progo? Karena di sini berlimpah spot-spot apik dan unik untuk diajak berfoto. Di jamin kamera yang kamu bawa tidak akan sia-sia di sini. Dan kamu pulang akan membawa hasil-hasil foto yang menakjubkan. Pohon-pohon Mangrove yang terhampar luas, dihiasi jembatan-jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu. Pastinya banyak spot-spot yang menarik dan juga romantis seperti jembatan api-api, jembatan cinta, menara, dan masih banyak lagi.

Wisata ini terbagi menjadi empat wilayah, di antaranya adalah hutan Mangrove Pantai Kadilangu (timur), hutan Mangrove Jembatan Api-api (tengah), Hutan Mangrove Wana Tirta (barat) dan Goa Mangrove (paling barat). Kamu juga bisa menikmati suasana pantai Pasir Mendit yang berada di sebelah selatan hutan Mangrove ini.

hutan-mangrove

Goa mangrove di wisata hutan mangrove Kulon Progo

Khusus di kawasan Goa Mangrove, agak berbeda dengan kawasan lainnya, bila dikawasan lain kamu akan menemui muara sungai, dan kamu berjalan di atas jembatan bambu. Lain dengan di goa Mangrove, di sini adalah rawa-rawa yang di penuhi oleh tanaman bakao atau mangrove. Banyak pernak-pernik dan hiasan unik yang bisa menjadi teman berfoto. Namun karena suasana rawa-rawa yang lembab, kamu akan merasakan banyak nyamuk yang mengganggu. Tipsnya kamu bisa memakai krim obat nyamuk sebelum masuk ke sini.

Rute Menuju Hutan Mangrove Kulon Progo

hutan-mangrove-kulon-progo

Muara sungai Bogowonto yang dihiasi pohon mangrove

Jika kamu berangkat dari arah kota Jogja, langsung saja ambil jalur utama Jl. Wates arah Jogja-Purworejo. Sampai terminal Wates belok kiri dan ikuti saja jalur utama tersebut sampai ke arah Jl. Daendels. Sampai Jl. Daendels kamu masih harus ke barat melewati jembatan sungai Bogowonto, sekitar 150 meter dari jembatan, belok ke kiri dan tinggal ikuti saja arah dan petunjuknya.

Apabila kamu datang dari arah Purworejo atau Kebumen, mudahnya dengan melewati jalur utama arah ke Jogja hingga menemui tugu perbatasan Jateng-DIY. Sampai Pos Polisi ambil jalur ke arah kanan (Jl. Daendels). Terus ke arah jembatan sungai Bogowonto dan tinggal ikuti petunjuk. Bila kamu dari luar kota, mungkin bisa mengajak teman atau saudara dari Jogja untuk menunjukkan jalan ke sini.

hutan-mangrove-wana-tirta

Spot foto berupa bentuk perahu

Hutan Mangrove ini secara administratif berada di dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo. Tepatnya di sekitar muara sungai Bogowonto daerah perbatasan Jawa Tengah dan DIY. Meskipun masih berada satu wilayah dengan pantai Congot, tetapi Hutan Mangrove ini terletak di sebelah barat sungai Bogowonto, sedangkan pantai Congot di sebelah timur sungai Bogowonto.

 

Berapa Harga Tiket Masuknya?

hutan mangrove jembatan api-api

Jembatan kenangan di wisata hutan mangrove Kulon Progo

Tidak usah cemas, harga tiket masuk hutan mangrove ini sangat terjangkau kok, hanya Rp4.000,00/orang. Kemudian tarif parkir sepeda motor adalah Rp2.000,00, mobil Rp5.000,00, untuk bus/truk Rp10.000,00. Sangat terjangkau bukan?

Bila kamu sedang berlibur atau berada di Jogja, ada baiknya menyempatkan berkunjung ke hutan mangrove Kulon Progo ini. Ada banyak spot yang membuatmu betah berlama-lama di sini. Fasilitas seperti mushola, toilet, tempat sampah juga sangat memadai.

Agar lebih mudah menemukan lokasi Hutan Mangrove kabupaten Kulon Progo, silahkan ikuti maps berikut ini. Cermati jalurnya pasti kamu sampai ke tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *