Cara Mengembangkan Kualitas Diri Agar Tetap Kompetitif Melibas Pesaing

mengembangkan-kualitas-diriCara meningkatkan kualitas diri | Di masa sekarang ini kualitas diri sangat penting untuk bisa berkompetisi dengan orang lain. Kompetisi dalam profesi, kompetisi di dunia akademik, bahkan kompetisi wirausaha, semuanya menuntut adanya kualitas yang bagus pada diri kita.

Bicara tentang kualitas diri, jika kita bandingkan masa ini dengan 14-15 tahun lalu, maka jelas tuntutan pada masa sekarang ini semakin tinggi. Buktinya apa? 15 tahun lalu mungkin lulusan SMA sudah cukup untuk mencari pekerjaan yang layak. Tetapi jika sekarang kamu hanya lulusan SMA, mau jadi apa kamu? Rata-rata sekarang S1 atau paling tidak D3 harus menjadi standar buat kamu, jangan puas hanya lulus SMA saja.

Salah satu parameter untuk mengukur kualitas diri adalah jenjang pendidikan. Oleh karena itu kebanyakan perusahaan akan menyertakan kualifikasi pendidikan minimal dalam persyaratan menerima karyawan baru. Namun, untuk tetap bisa kompetitif dalam pekerjaan, tidak cukup hanya dengan pendidikan yang sesuai kualifikasi minimal. Kamu juga perlu mengembangkan Kualitas diri, agar tetap kompetitif dalam menghadapi persaingan. Berikut ini beberapa cara mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri mu.


Baca Juga : Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal Kulon Progo, Ada Wifi Bikin Betah Seharian


1. Tumbuhkan sifat terbuka untuk menerima segala informasi dan pengetahuan

Penting memiliki sifat terbuka menerima segala pengetahuan dan informasi yang ada. Yang dimaksud terbuka bukan menerima semua informasi tanpa kendali. Tetapi terimalah informasi dan pengetahuan apapun untuk di proses, disaring, direnungkan, dan disikapi. Sehingga yang kamu dapatkan adalah tambahan ilmu dan pembelajaran menyikapi informasi yang kamu terima. Seraplah ilmu pengetahuan sebanyak mungkin.

2. Berusaha menyelsaikan semua masalah

Dalam proses studi atau pun pekerjaan, kamu pasti akan menemui beberapa habatan dan masalah. Nah, untuk mengembangkan kualitas diri guna tetap dapat kompetitif, kamu perlu belajar menyikapi berbagai hambatan dan masalah yang ada. Hambatan dan masalah bukan untuk di acuhkan dan menyerah dengan tujuan awalmu. Selsaikan lah masalah tersebut dengan cara yang baik. Berlatihlah menyelsaikan masalah, mengambil keputusan, dan ketenangan saat menghadapi masalah.


Baca Juga : Pantai Indrayanti, Info Lengkap Tiket Masuk, Lokasi, dan Sejarahnya


 

3. Bergaul dengan banyak orang

Tidak bisa dipungkiri, pikiran kita berkembang salah satunya adalah karena kita mengamati orang lain. Sadar atau tidak, setiap sikap dan perbuatan orang-orang terdekat kita juga turut mempengaruhi sikap kita. Apabila orang-orang disekitar kita memiliki sikap dan karakter yang baik, secara otomatis sikap-sikap itu akan tertular kepada diri kita. Bergaul dengan banyak baik orang akan memperkaya pikiran kita dan bisa mengembangkan kualitas diri kita.

4. Jangan hanya jadi biasa-biasa saja

Apapun profesi mu, jadilah luar biasa, jangan Cuma standar-standar saja, ini juga salah satu cara mengembangkan kualitas diri mu agar bisa kompetitif menghadapi persaingan. Berusahhalah menjadi yang terbaik dalam profesimu. Kamu seorang penulis, jadilah penulis yang hebat agar bisa dilirik dan dikenal banyak orang diluar sana. Bila kamu biasa-biasa dan hanya rata dengan orang lain seprofesimu, ya kamu hanya akan seperti itu saja, kurang kompetitif. Jadilah lebih menonjol dari orang lain maka kamu akan lebih terlihat.

5. Jangan hanya mengikuti alur yang ada

Sesekali perlu juga loh melakukan hal-hal diluar kebiasaan, yang ekstrim sekalipun. Sedikit keluar dari rutinitas dan mencoba hal yang baru itu bagus untuk perkembangan kualitas diri. Juga jangan hanya mengikuti alur yang ada, alur yang banyak dilalui oleh orang lain. Cobalah mencari jalan mu sendiri yang sesuai dengan passion mu, dengan jati diri mu. Itu semua akan mengembangkan kualitas diri yang kamu miliki.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *